Menyambut Ramadhan

GEMA JUMAT, 26 APRIL 2019

Oleh H. Basri A. Bakar

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).” (QS. al Baqarah: 185)

Lebih kurang sembilan hari lagi, ummat Islam kembali berjumpa dengan Bulan Ramadhan, bulan yang penuh kemuliaan. Di bulan tersebut, seseorang berkesempatan mengumpulkan pahala yang banyak dengan waktu yang singkat demi mencapai kedudukan yang mulia di sisi SWT.

Namun di sisi lain, sejenak mari kita introspeksi, sudah berapa kali kita berjumpa dengan Ramadhan. Apakah kita telah meraih pelajaran-pelajaran berharga dari bulan Ramadhan? Sudahkah Ramadhan membuahkan perubahan dalam pribadi kita ataukah hanya sekedar rutinitas belaka yang datang dan berlalu begitu saja tanpa bekas?

Menyambut Ramadhan tidak perlu seperti menyambut tamu yang datang ke rumah kita dengan memberikan makanan dan pelayanan yang baik dan ramah. Bukan dengan menyiapkan perlengkapan kebutuhan baik makanan, minuman yang lezat. Yang paling penting adalah bagaimana kita menyiapkan mental kita, hati kita untuk melaksanakan perintah Allah dengan ikhlas dan kepasrahan yang tinggi.

Ikhlas merupakan fondasi pertama diterimanya suatu amalan ibadah seorang hamba. Dalam ibadah puasa secara khusus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharap pahala Allah, maka akan diampunilah dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian pula dalam setiap ibadah lainnya, marilah kita berusaha untuk melaksanakannya agar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW sehingga amal kita tidak sia-sia belaka. Benarlah sabda Nabi SAW bahwa setiap kebaikan dan kejayaan hanyalah dengan mengikuti sunah Nabi SAW walaupun terkadang akal belum menerima sepenuhnya.

Mari kita sambut Ramadhan tahunini dengan penuh suka cita, kegembiraan dan berharap ridha dan rahmat Allah. Karena tidak ada yang menjamin umur kita bahwa berapa Ramadhan lagi kita diberi kesempatan untuk berjumpa.

MARI SUBUH BERJAMAAH

SUBUH KELILING DKMA

Hari/ tanggal                : Sabtu,27 April 2019

Tempat                        : Masjid  Babut Taqwa Gp. Batoh

Imam                           : Ust. Bukhari M. Ali

Penceramah               : Dr. Abdullah Khairi (Malaysia)

SAFARI SUBUH BBC

Hari/ tanggal                : Ahad, 28 April 2019

Tempat                        : Masjid Al Huda Gp. Laksana

Imam                           : Ust. H. Ivan Aulia, Lc, MA

Penceramah               : Ust. H. Fakhruddin Lahmuddin

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!