Pemimpin yang Amanah

GEMA JUMAT, 6 OKTOBER 2017

Oleh H. Basri A. Bakar

“Bila amanah disia-siakan, maka tunggulah saat kehancurannya. Sahabat bertanya: Bagaimana bentuk penyia-nyiaan amanah itu? Rasul menjawab: Bila persoalan diserahkan kepada orang yang tidak berkompeten, maka tunggulah saat kehancurannya.” (HR. Bukhari).

Tanggal 15 Februari 2017, rakyat Aceh akan memilih calon peminpin mereka mulai gubernur sampai bupati/ walikota di beberapa kabupaten secara serentak. Sebuah pesta demokrasi yang harus berjalan dengan damai tanpa paksaan dan intimidasi. Tentu saja dari pasangan pemimpin yang mencalonkan diri, hanya satu pasangan yang akan menang kelak.

Pimpinan atau jabatan dalam pandangan Islam bukanlah suatu kehormatan, melainkan mas’uliyah (tanggung jawab), amanah dan mandat yang membutuhkan pengorbanan pikiran, tenaga dan waktu. Amanah yang akan dipertanggungjawabkan, baik di dunia maupun di akhirat kelak di hadapan Allah. Oleh karenanya seorang pemimpin haruslah orang yang mampu menjaga amanah yang diberikan kepadanya serta mempunyai dua sifat hafidzun dan ‘alim,  yaitu sosok yang mampu menjaga dan memanfaatkan hasil bumi negara untuk kemaslahatan umat dan bangsa.

Sifat amanah menempati posisi strategis dalam syariat Islam, bahkan dalam suatu sistem pemerintahan. Rasulullah yang mendapat gelar Al-Amin, yaitu orang yang terpercaya, menegaskan bahwa amanah menjadi salah satu pembeda kaum muslim dengan kaum munafik.

Rasulullah SAW memperingatkan kaum muslimin agar tidak sembarangan memberikan amanah (kepercayaan) kepada orang lain, terutama kepada sanak familinya yang dalam bahasa sekarang dikenal dengan unsur KKN. Beliau bersabda: “Barangsiapa yang mengangkat seseorang (untuk suatu jabatan) karena semata-mata hubungan kekerabatan dan kedekatan, sementara masih ada orang yang lebih tepat dan ahli daripadanya, maka sesungguhnya dia telah melakukan pengkhianatan terhadap Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang beriman” (HR. Al Hakim).

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!