Perlunya Tabayyun

GEMA JUMAT, 11 JANUARI 2019

Oleh H. Basri A. Bakar

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila datang kepada kalian orang fasiq dengan membawa berita, maka periksalah dahulu dengan teliti, agar kalian tidak menuduh suatu kaum dengan kebodohan, lalu kalian menyesal akibat perbuatan yang telah kalian lakukan.” (QS. Al Hujurat : 6).

Secara bahasa tabayyun adalah mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas dan benar keadaan sesungguhnya. Secara istilah tabayyun adalah meneliti dan menyeleksi suatu berita (check recheck), tidak secara tergesa-gesa dalam memutuskan suatu permasalahan baik dalam perkara hukum, kebijakan dan sebaginya hingga sampai jelas benar permasalahnnya, sehingga tidak ada pihak yang merasa terdzalimi atau teraniaya. 

Imam Asy Syaukani rahimahullah berkata, “Yang dimaksud dengan tabayyun adalah memeriksa dengan teliti dan yang dimaksud dengan tatsabbut adalah berhati-hati dan tidak tergesa-gesa, melihat dengan keilmuan yang dalam terhadap sebuah peristiwa dan kabar yang datang, sampai menjadi jelas dan terang baginya.” (Fathul Qadir, 5:65).


Saat ini berita hoax (bohong) beredar luas di media sosial. Boleh jadi seseorang di saat bangun pagi dan memegang android, langsung disuguhkan dengan berita fitnah dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Atau sebaliknya kitalah yang meneruskan berita hoax tersebut kepada pihak lain tanpa mengetahui kebenarannya. Oleh karena itu Tabayyun sangat dibutuhkan di zaman yang penuh fitnah ini sesuai firman Allah SWT dalam Surat Al Hujurat ayat 6 tersebut, sehingga kita tidak berbuat dosa tanpa disadari.

Tabayyun sangat berbahaya baik bagi pribadi seseorang mapun bagi orang lain. Lisan atau ujung jari yang meneruskan berita bohong  adalah perbuatan dosa, sehingga dapat menimbulkan perpecahan. Dengan adanya tabayyun akan membantu menjaga lisan atau anggota tubuh kita agar tidak menyebarkan berita bohong atau fitnah. Allah berfirman dalam Surat   Al Baqarah ayat 191 : “Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan”.

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!