Sikap Tawadhu’

GEMA JUMAT, 9 NOVEMBER 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

“Dan sesungguhnya Allah mewahyukan padaku untuk memiliki sifat tawadhu’. Janganlah seseorang menyombongkan diri (berbangga diri) dan melampaui batas  pada yang lain.” (HR. Muslim)

Tawadhu’ artinya rendah hati atau tidak sombong, merupakan sifat yang amat mulia, namun sedikit orang yang memilikinya. Lawan dari sikap tawadhu’ adalah takabur yang artinya sombong. Jadi, tawadhu’ memiliki makna ketundukan kepada kebenaran dan menerimanya dari siapapun datangnya, baik dalam keadaan suka maupun tidak suka.  Ibnu Hajar berkata : “Tawadhu’ adalah menampakkan diri lebih rendah pada orang yang ingin mengagungkannya. Ada pula yang mengatakan bahwa tawadhu’ adalah memuliakan orang yang lebih mulia darinya.” (Fathul Baari, 11: 341)

Sifat takabur adalah sifat yang dibenci Allah dan Rasul-Nya atau sifat yang dimiliki oleh iblis dan syaithan. Sebagaimana hadis Nabi dari Abdullah bin Mas’ud; bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda: “Sombong adalah menolak kebenaran dan menganggap remeh orang lain.” (HR. Muslim). Demikian pula Allah berfirman yang artinya: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman yang mengikutimu.” (QS. Asy-Syμra: 215).

Tawadhu’ juga merupakan akhlak mulia para nabi. Lihatlah Nabi Musa a.s yang melakukan pekerjaan yang dianggap remeh, membantu memberi minum pada hewan ternak dalam rangka menolong dua orang wanita yang ayahnya sudah tua renta.  Lihat pula Nabi Daud a.s yang makan dari hasil kerja keras tangannya sendiri. Juga Nabi Zakaria, dulunya hanya seorang tukang kayu.  Perhatikan juga Rasulullah SAW bagaimana keseharian beliau di rumahnya, bahkan sering membantu istrinya. Jika sandalnya putus atau bajunya sobek, beliau menjahit dan memperbaikinya sendiri. Ini beliau lakukan di balik kesibukan beliau untuk berdakwah dan mengurus umat.  Semoga kita dapat memiliki sifat-sifat tawadhu’ dalam keseharian, sebaliknya menjauhkan dari sifat takabur dan sombong.

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!