Zakat Fitrah

Gema JUmaT, 23 JUNI 2017

Oleh H. Basri A. Bakar

“Rasulullah SAW memfardhukan zakat fitrah sebagai pembersih orang yang berpuasa dari perkataan yang sia-sia dan perbuatan kotor serta untuk memberi makan kepada orang-orang miskin”. (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Sebagaimana ibadah-ibadah lainnya seperti shalat, puasa, haji ataupun sedekah, zakat fitrah memiliki tujuan sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat serta karuniaNya, yang telah di berikanNya tanpa batas. Dan hal ini merupakan sebuah perintah yang seharusnya kita pandang sebagai perwujudan kesyukuran kita kepada Allah, bukannya beban atau cobaan, yang malah membuat kita enggan menunaikannya.

Tujuan dan hikmah zakat fitrah ini adalah untuk menyucikan diri orang yang berpuasa dari perbuatan dan perkataan kotor dan sia-sia serta untuk memberi makan fakir miskin. Oleh karena itu perlu diperhatikan kapan batas waktu mengeluarkan zakat. Siapa yang menunaikannya hingga batas waktu  sebelum shalat idul fitri, maka digolongkan ke dalam zakat fitrah, dan yang memberikan setelah shalat Idul Fitri, maka menjadi sedekah biasa, bukan sebagai zakat fitrah.

Berkenaan dengan takaran atau besarnya zakat fitrah, Islam telah menjelaskannya secara detail, sesuai sabda Rasulullah SAW : Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak 1 sha` kurma atau 1 sha` syair (gandum), (dan diwajibkan) baik atas orang merdeka ataupun budak, laki-laki ataupun perempuan, dewasa ataupun anak-anak. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Karena itu, perlu kita ketahui bersama, bahwa takaran Zakat Fitrah adalah 1 (satu) sha` (2,5 kg) makanan pokok. Namun demikian, ada juga sebagian ulama yang berpendapat bahwa 1 sha` itu sama dengan 3 kg makanan pokok, seperti beras, jagung atau sagu di daerah Papua, Indonesia. Akan tetapi meski begitu, kita tidak perlu mempermasalahkan, karena dua-duanya memiliki dalil atau alasan, yang mana antara satu dengan yang lainnya saling mendukung. Demikian pula pendapat boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan mata uang senilai takaran makanan pokok.

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!