Forsimas Berbuka Puasa Bersama PM Kamboja

GEMA JUMAT, 3 MEI 2019
Tahun ini Forum Silaturrahim Kemakmuran Masjid Serantau (Forsimas) kembali menghadiri acara berbuka puasa bersama Perdana Menteri Kamboja Hun Sen yang dijadwalkan Selasa 7 Mei 2019 atau hari kedua Ramadhan.  Undangan disampaikan Menteri Kanan, Jabatan Perdana Menteri merangkap Pengerusi Jawatan Kuasa Majlis Iftar Ramadhan 1440 H, Datuk Dr. Othsman Hassan.  Dengan demikian, sudah tiga tahun berturut-turut Forsimas, sebuah lembaga kemasjidan Asean yang berkantor pusat di Aceh mendapat penghormatan menghadiri acara khidmat tersebut.

Menurut Sekretaris Forsimas, Ir H. Basri A. Bakar, MSi, setiap tahun PM Kamboja menyelenggarakan iftar di Diamond Island Center Phnom Penh dengan mengundang lebih dari 4000 orang dari beberapa negara Islam dan lembaga ormas kemasjidan termasuk Aceh.  “Acara berbuka puasa tersebut dirangkai dengan makan malam (dinner), karena PM juga mengundang kelompok agama Budha sebagai bentuk rasa kebersamaan, tapi mereka juga tidak makan sebelum sirene waktu berbuka berbunyi,” ujar Basri.

Mewakili pengurus Forsimas akan hadir sebanyak 8 orang, sementara pemerintah Aceh dan Walikota Banda Aceh yang juga ikut diundang berhalangan hadir karena ada jadwal lain.  Basri menjelaskan, seperti tahun lalu, pihaknya selain menghadiri undangan berbuka puasa, juga melakukan kegiatan sosial berupa membagikan sembako dan bantuan uang kepada penduduk muslim salah satu kampung di Kamboja, yang dananya dikumpulkan dari pengurus Forsimas dan donator.  Saat ini muslim di Kamboja tercatat hanya 6 persen dari populasi penduduk Kamboja sekitar 16 juta jiwa, yang tingkat kehidupan mereka tergolong miskin.  Kehadiran Forsimas sedikit banyak dapat menghibur mereka sehingga mereka tahu masih ada muslim dari negara lain yang memperhatikan mereka. (furqan)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!