Banda Aceh Selenggarakan Lomba Masjid

GEMA JUMAT, 9 NOVEMBER 2018

Banda Aceh – Gema.

Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Syariat Islam menyelenggarakan Lomba Kebersihan dan Ketertiban Masjid pada bulan Nopember 2018. Menurut Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Alizar, SAg M.Hum, lomba tahun ini diikuti oleh 9 masjid se Kota Banda Aceh dimana masing-masing kecamatan mengusulkan satu masjid yang dianggap layak dilombakan. Sementara masjid yang sudah pernah mendapat juara I pada tahun sebelumnya tidak lagi diikutsertakan. Tahun 2017 keluar sebagai juara I Masjid Baitussalim Lampaseh Kota.

Ketua tim penilai Ir. H. Basri A. Bakar, MSi yang juga Ketua Umum PP Dewan Kemakmuran Masjid Aceh (DKMA) menjelaskan penilaian akan dimulai pada 14 – 22 Nopember 2018, sebelumnya mulai 6 – 8 Nopember dilakukan pembinaan dan sosialisasi. “Diharapkan akhir bulan ini sudah dapat ditetapkan masjid-masjid yang menjadi juara,” ujar Basri.

Kesembilan masjid yang diusulkan oleh masing-masing kantor Camat adalah Masjid Al Furqan Beurawe, Masjid Al Ishlahiyah Lambuek, Masjid Al Wustha Jeulingke, Masjid Al A’la Cot Mesjid, Masjid Pahlawan Kp Ateuek, Masjid Tgk Dianjong Peulanggahan, Masjid As Shadaqah Lamlagang, Masjid Liwaul Hamdi Emperon dan Masjid Syech Abdurrauf Blang Oi.

Lebih lanjut Basri menambahkan, kriteria penilaian terdiri dari 3 unsur pokok yaitu bidang Imarah, Idarah dan Ri’ayah serta penunjang lainnya. Selain fasilitas masjid, kemakmuran masjid, menajemen keuangan dan kebersihan, juga dinilai sejauh mana koordinasi antara BKM dengan remaja masjid, muslimat, panitia masjid dan unsur-unsur lain.

Adapun tim penilai yang ditetapkan oleh Walikota ada lima orang yaitu Basri A. Bakar (DKMA), Ibnu Sakkdan (Pemkot), Marzuki Mubin (DSI Kota), Mansur Ahmad (Kemenag) dan Ida Friatna (DSI Kota) dengan koordinator Evendi (Kabid Bina Ibadah dan Mualamah) DSI Kota Banda Aceh.  (Furqan)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!