Islam Kaffah Komitmen kita semua

GEMA JUMAT, 15 NOVEMBER 20198

Oleh: DR.EMKA ALIDAR,M.Hum (Kadis Syariat Islam Aceh)

Visi Dinas syariat Islam adalah Terwujudnya Masyarakat Aceh yang Damai, Adil, Sejahtera dan Bermatabat berdasarkan Syariat Islam. Oleh  sebab itu Dinas syariat Islam Aceh terus berkomitmen untuk mewujudkan visi tersebut karena pembentukan Dinas Syariat Islam (DSI) sebagai pemberlakuan Undang-Undang No.44 tahun 1999 tentang pelaksanaan Keistimewaan Aceh dan Undang-Undang no.18 Tahun 2001 tentang otonomi khusus bagi Naggroe Aceh Darussalam.

Salah satu kewenangan yang dimiliki oleh Dinas Syariat Islam Aceh adalah Mengembangkan dan membimbing Pelaksanaan Syariat Islam yang meliputi bidang-bidang aqidah, ibadah, mu’amalat, akhlak, pendidikan dan dakwah Islamiah, amarmakruf nahimungkar, baitalmal, kemasyarakatan, Syiar Islam, pembelaan Islam, qadha, jinayat, munakahat dan mawaris. Kewenangan ini tentu telah menyentuh setiap sendi kehidupan umat manusia karena tidak ada dikatomi antara syariat dan non syariat sesungguhnya setiap kehidupan umat harus sesuai dengan syariat Islam.

Di antara isu strategis yang termuat dalam rencana kerja satuan kerja perangkat Aceh 2019 (Renja SKPA) Dinas syariat Islam Aceh adalah pelaksanaan Islam Kaffah di masyarakat Aceh belum sepenuhnya berjalan sesuai harapan, salah satu sebabnya adalah termenologi pemahaman pelaksanaan syariat Islam masih lemah bersifat parsial tidak holistik.

Oleh sebab itu sekecil apapun usaha masyarakat, organisasi sosial kemasyarakat, Mahasiswa, Remaja masjid dan sebagainya perlu di afresiasi dan didukung penuh oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat agar pelaksanaan syariat Islam secara kaffah bisa di wujudkan termasuk Festifal anak saleh (FASI) yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-17 November merupakan bagian ikhtiar Dinas Syariat Islam untuk mempersiapkan generasi akan datang yang cinta Alqur’an dan Sunnah. Karena di ajang FASI ini diperlombakan berbagai cabang yang memang menjadi stressing Dinas Syariat Islam seperti Tilawah,Tahfizd,Ceramah agama dan sebagainya dan tentunya ajang FASI ini sebagai embrio (cikal bakal) persiapan peserta Aceh di kompetisi lainnya seperti MTQ.

Dinas Syariat Islam tentu akan terus mendukung program yang membawa mamfaat bagi ummat wabil khusus FASI   yang diselenggarakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh. SELAMAT MENGIKUT FASI XI PROVINSI ACEH MOGA MENJADI YANG TERBAIK.

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!