Masjid Al Hidayah Prada Kumpulkan 15 Ekor Sapi Qurban

GEMA EDISI JUM’AT / SEPTEMBER DAN IDUL ADHA 1437H / 2016M

Banda Aceh – Gema. Panitia qurban Masjid Al Hidayah Desa Prada Kecamatan Syiah Kuala tahun ini berhasil mengumpulkan 15 ekor sapi untuk disembelih pada 12 September atau Hari Raya Idul Adha nanti. Menurut bendahara qurban Ir Mahdi SE, menjelang hari raya, kemungkinan jumlah hewan qurban bisa bertambah lagi, sedangkan tahun lalu jumlah qurban terdiri 16 sapi dan 6 ekor kambing.

Mahdi didampingi ketua panitia qurban Sanusi, menjelaskan meski harga sapi mengalami sedikit peningkatan, namun animo warga untuk berqurban tetap tinggi. Tahun ini pihaknya menetapkan besarnya biaya qurban sebesar Rp 2.100.000 termasuk ongkos sembelih, sedangkan tahun lalu Rp 1.750.000.

Dalam menggalang hewan qurban, panitia melakukan berbagai pendekatan seperti pengumuman di masjid, spanduk, selebaran termasuk proaktif kepala desa dan kepala dusun mendekati warga. “Saya yakin, kemungkinan qurban tahun ini akan bertambah lagi menjelang hari raya, bahkan biasanya ada warga yang mengantar kambing saat hari penyembelihan,” ujar Mahdi kepada Gema, Rabu (7/9).

Untuk distribusi, selain dibagi-bagikan untuk 700 KK desa tersebut, juga sekitar 80 tumpuk disalurkan kepada penduduk miskin di beberapa desa dalam Kota Banda Aceh dan Aceh Besar termasuk guru TPA, Balai Pengajian, dan peceramah tetap. Ditambahkan, dalam pelaksanaan penyembelihan, pihaknya mengupah kepada pihak lain Rp 300.000 per ekor sapi. (Bas)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!