Mensyukuri Al-Hayyu

Oleh Dr. Sri Suyanta (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)

Muhasabah 20 Muharam 1440

Saudaraku, hidup itu dicirikan dengan gerak. Dan gerak itu dinamis. Oleh karena itu orang dikatakan hidup ketika ia masih bergerak. Gerak yang mencirikan hidup tentu tidak sembarang gerak, tetapi gerak yang bermakna.

Dalam iman Islam gerak yang bermakna itu disebut beramal shaleh dalam kehidupan. Tidak disebut hidup bila tidak beramal shaleh, meski masih bernafas. Dengan demikian agar benar-benar hidup kita harus beramal shaleh. Untuk memenuhi idealitas hidup inilah, setiap orang mestinya berusaha untuk beramal shalih atau bekerja untuk kepentingan hidupnya, keluarga, bangsa dan agamanya.

Nah saudaraku, agar benar-benar hidup, maka muhasabah hari ini kita akan mengulangkaji tentang keberkahan mensyukuri asmaul husnaNya Allah yang relevan dengannya, yaitu al-Hayyu.

Al-Hayyu dipahami bahwa Allah adalah Rabb yang maha hidup, sumber kehidupan, dan maha menghidupkan seluruh makhlukNya. Allah berfirman yang maknanya, adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup lagi terus menerus mengurus (makhluk Nya)”. (QS. Al Baqarah 255)

Demikian juga dalam firmanNya yang lain, Alif Laam Miim, Allah adalah sesembahan yang tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Maha Hidup Hidup lagi terus menerus mengurus (makhluk Nya)”. (QS. Ali ‘Imran 1-2:)

“Dan tunduklah semua muka (dengan berendah diri) kepada Tuhan Yang Maha Hidup lagi senantiasa mengurus (makhluk Nya).”. (QS. Thaha 111)

Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling? (Qs. Al-An’am 95)

Karena sebagai sumber kehidupan, maka hanya Allahlah yang menghidupkan dan mematikan segala yang ada. Oleh karena itu setiap rasulNya juga mengingatkan umatnya, seperti katakanlah: “Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk“. (Qs. Al-A’raf 158)

Dan, Sesungguhnya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi. Dia menghidupkan dan mematikan. Dan sekali-kali tidak ada pelindung dan penolong bagimu selain Allah. (Qs. Al-Taubah 116)

Katakanlah: “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?“ Maka mereka akan menjawab: “Allah“. Maka katakanlah “Mangapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya)?“ (Qs. Yunus 31)

Dialah yang menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (Qs. Yunus 56)

Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi. (Qs. Al-Hijr 23)

Oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai orang beriman terus berusaha mengembangkan akhlak untuk mensyukuri al-Hayyu, baik dengan hati, lisan maupun dengan perbuatan nyata.

Pertama, mensyukuri al-Hayyu dengan hati kita lakukan dengan benar-benar meyakini bahwa Allah maha hidup, sumber kehidupan dan zat yang menghidupkan segalanya, menghidupkan kita, menghidupkan semangat keberislaman kita, dan yang menghidupkan hati kita.

Kedua, mensyukuri al-Hayyu dengan lisan kita lakukan dengan memujiNya dan memperbanyak mengucapkan alhamdulillahirabbil ‘alamin, semoga Allah senantiasa memberi hidayahNya kepada kita agar ketika di dunia ini kita tetap hidup, hidup yang sebenarnya hidup.

Ketiga, mensyukuri al-Hayyu dengan perbuatan nyata seperti terus berupaya beramal shalih dan menghindari beramal yang salah.

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!