Mensyukuri Malaikat

Oleh Dr. Sri Suyanta (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)

Muhasabah 29 Safar 1440

Saudaraku, pilar iman dalam Islam setelah meyakini adanya Allah yang asmaul husnaNya telah kita ulangkaji keberkahan dalam mensyukuri sebelumnya, adalah meyakini eksistensi Malaikat Allah.

Bila seseorang sudah beriman kepada Allah, maka dipastikan akan mengimani adanya malaikatNya. Mengapa? Karena Allah telah menitahkannya untuk itu. Allah berfirman yang artinya, Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka Sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (Qs. Al-Nisaa’ 136).

Malaikat adalah makhluk immaterial sehingga tidak kasat mata yang diciptakan oleh Allah dari cahaya hanya untuk mentaati perintahNya saja. Tidak ada pilihan bagi malaikat kecuali yang dititahkan Allah atasnya saja. Inilah bedanya dengan manusia yang dianugrahi pilihan taat atau ingkar. Malaikat berperan monoton sehingga profesional, spesialis mengabdi, semuanya dalam rangka beribadah saja, ada malaikat yang memikul ‘Arsy saja, ada malaikat yang bertasbih saja, ada malaikat yang menurunkan wahyu dan meniupkan ruh pada bayi saja, ada malaikat yang menurunkan rezeki saja, ada malaikat yang mencatat kebaikan yang dilakykan oleh manusia saja, ada malaikat yang mencatat keburukannya saja, ada malaikat yang bertugas mengintrograsi di alam kubur saja, ada malaikat yang tersenyum terus menerus karena menjaga surga yang disediakan hanya untuk orang-orang baik saja, ada malaikat yang seram bertugas di pintu neraka saja, ada yang bertugas meniup trompet sangkakala saja. Dan seterusnya

Allah menjelaskan dalam banyak tempat dalam al-Qur’an seperti, dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” (Qs. Al Anbiyaa’ 19-20)

“Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.” (Qs. Al-An’am 61) .

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka.” (Qs. Al Mu’min 7).

Oleh karena itu, sebagai orang Islam mestinya kita mengukuhkan akhlak untuk mensyukuri keberadaan malaikat, baik di hati, lisan maupun pada perbuatan nyata.

Pertama, mensyukuri (keberadaan) malaikat di hati dengan meyakini sepenuh bahwa malaikat adalah makhluk utusan Allah yang menunaikan sesuatu yang hanya ditugaskan kepadanya saja. Malaikat selalu patuh dengan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah dan tidak membantah apalagi mengingkari perintahNya.

Kedua, mensyukuri keberadaan malaikat di lisan dengan memperbanyak mengucapkan alhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Ketiga, mensyukuri keberadaan malaikat dengan langkah konkret, seperti berusaha mencontoh ketaatannya pada Allah meski disadari tidak akan sama sepenuhnya. Karena malaikat dicipta hanya untuk taat saja tidak ada pilihan selainnya, sedangkan manusia bisa memilih taat dan memilih tidak taat seperti yang dicontohkan oleh setan. Seandainyapun terlanjur berbuat salah, maka bersegera istighfar dan bertsubat kepadaNya.

Di samping itu, kita juga harus berusaha menuruti bisikan kebaikan dari para malaikat dan memgesampingkan bisikan jahat dari setan.

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!