Petani Kota Ikuti Lomba Asah Terampil

Gema-Banda Aceh Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian (DKPP) Kota Banda Aceh menggelar Lomba Asah Terampil Petani Aceh tingkat Kota Banda Aceh 2015, Selasa (5/5/2015).

Ajang yang didukung oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh ini, dipusatkan di Halaman Kantor DKPP Banda Aceh di kawasan Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja.

Kepala DKPP Banda Aceh drh Mawardi Silvakarta, menyebutkan, Lomba Asah Terampil ini merupakan program Pemerintah Aceh yang berbertujuan untuk memacu dan memotivasi para petani dalam meningkatkan produktivitasnya sesuai dengan teknologi terbaru.

“Lomba ini dikuti oleh perwakilan kelompok tani dari sembilan kecamatan yang ada di Banda Aceh. Masing-masing kecamatan diikuti oleh dua kelompok. Juara pertama nanti akan mewakili Banda Aceh ke ajang serupa tingkat provinsi,” kata Mawardi.

Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE membuka dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan ajang ini sangat baik bagi para petani untuk menambah pengetahuannya guna peningkatan produktivitas.

“Memang lahan pertanian kita terbatas, namun hal ini bisa kita siasati dengan memanfaatkan perkarangan rumah.”

Pemerintah Kota Banda Aceh, kata Illiza, akan terus melakukan berbagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk menumbuhkembangkan kelompok Usaha Kecil dan Menengah yang ada di Banda Aceh dalam rangka percepatan terwujudnya Kota Madani.

Di antara tamu undangan, terlihat hadir pula Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh Ir Basri A Bakar MSi, sejumlah anggota Komisi B DPRK Banda Aceh yakni Syarifah Munirah SAg, Ir M Ali, Zulfikar dan Ismawardi.(humas)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!