Presiden Jokowi Ajak Umat Tunaikan Zakat

GEMA JUMAT, 17 MEI 2019

Jakarta (Gema)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui telah membayar kewajiban zakat. Kepala Negara mengungkapkan, dirinya menunaikan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang membuka layanan di Istana Negara.

Didampingi Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Presiden menyerahkan zakat penghasilan senilai Rp 55 juta secara tunai kepada petugas. Jokowi menyebut, pembayaran zakat memiliki beragam manfaat. Misalnya, menggerakkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, serta mendorong Indonesia menjadi pusat perekonomian syariah kelas dunia.

Presiden pun mengajak para muzaki di seluruh Tanah Air untuk menunaikan zakat melalui Baznas.

“Sekali lagi, saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, dan juga ada keteraturan, dan benar-benar tepat penyalurannya kepada para mustahik,” ujar Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/5).

Dia juga berharap, pengumpulan dan penyaluran zakat dapat terintegrasi melalui sistem digital serta berdasarkan basis data (database) yang terpadu. Selain itu, ia juga meminta supaya sistem pengumpulan zakat dapat lebih baik lagi ke depannya. Dengan begitu, penyaluran zakat dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Dalam kesempatan ini, hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja. Di antaranya adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin; Sekretaris Kabinet Pramono Anung; Kepala KSP Moeldoko; Menteri Sosial Agus Gumiwang; Menteri Pariwisata Arief Yahya; Menko Perekonomian Darmin Nasution; Kapolri Jenderal Tito Karnavian; dan Jaksa Agung Prasetyo.

Selain itu, terdapat pula para pejabat negara, pejabat kementerian dan BUMN serta pejabat eselon satu. Mereka juga turut menunaikan zakat di sejumlah gerai layanan Baznas yang tersedia. Zakat dibayarkan dengan cara tunai maupun transfer. (marmus/rep)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!