Walikota Serahkan Zakat Faqir Uzur Banda Aceh

GEMA JUMAT, 6 OKTOBER 2017

Banda Aceh (Gema) – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota Zainal Arifi n menyalurkan secara simbolis zakat bagi senif fakir uzur di tiga kecamatan dalam wilayah Kota Banda Aceh, Kamis (5/10/2017).

Zakat dari para Muzakki yang dikumpulkan Baitul Mal Banda Aceh tersebut diantar langsung oleh Amin- Zainal ke rumah masing-masing penerima zakat (mustahiq). Turut serta dalam rombongan Kepala Baitul Mal Safwani Zainun beserta sejumlah Kepala SKPK terkait dan pejabat Pemko Banda Aceh lainnya.

Ada tiga orang fakir uzur yang dikunjungi Amin-Zainal sore tadi yakni Zulkifl i (70 tahun) warga Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Khatijah (91) warga Gampong Jawa-Kuta Raja, dan Ilyas Nago (74) warga Lampaseh Aceh-Meuraxa.

Selain itu, Amin-Zainal dan rombongan juga menyempatkan diri untuk meninjau salah satu rumah duafa yang sedang dibangun Baitul Mal untuk Nasrul -warga Gampong Peulanggahan, Kecamatan Kuta Raja.

Walikota Aminullah mengharapkan dengan bantuan tersebut, diharapkan para penerima dapat memenuhi kebutuhan sehari- hari. “Insya Allah dengan bantuan ini para faqir dapat bangkit dalam mememnuhi kebutuhan sehari-harinya,” ujar Walikotadisela-sela penyerahan bantuan tersebut.

Dalam kesembatan itu, walikota mengajak para Muzakki untuk terus menunaikan zakatnya di kota Banda Aceh, “ Mari kita gemilangkan Kota Banda Aceh dengan membayar Zakat di Baitul Mal,” kata Aminullah yang didampingi Wakil Walikota Drs Zainal Arifi n dan Kepala Baitul Mal Banda Aceh, Tgk safwani Zainun.

Kepala Baitul Mal Kota Banda aceh, Tgk Safwani Zainun mengatakan, untuk triwulan ketiga ada sebanyak sebanyak 489 warga dari berbagai gampong di Kota Banda Aceh menerima zakat dari Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Menurutnya para penerima bantuan tersbeut disyarakat harus para fakir yang lansia atau tidak mampu lagi memenuhi hajat hudupnya, seperti mengalami cacat fi sik total. Serta para kelauara yang mengasuhnya berstatus miskin.

“Jika memenuhi syarat, kita bantu sampai faqir yang uzur itu sembuh dan seumur hidup yang faqir lansia” papar Safwani.

Untuk tahun 2017 kata Safwani, Baitul Mal mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar lebih. Setiap faqir uzur menerima sebesar Rp350 ribu setiap bulan yang diserhkan

setiap tiga bulan sekali oleh masingmasing koordinator kecamtan.

Penerima Zakat Faqir Uzur tahun ini, jelas Safwani sebanyak 489 orang disetiap gampong di sembilan kecamatan.

Untuk kecamatan Baiturrahman sebanyak 83 Orang, Kecamatan Banda Raya sebanyak 82 Orang, Ulee Kareng tercatat sebanyak 69 , untuk Kecamatan Syiah Kuala sebesar 26 Orang, Meuraxa 41 Orang, Jaya Baru 31 Orang Kuraja 26 Orang, dan Lueng Bata dan Kuta Alam masing-masing 65 Orang. Marmus

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!