BMA Bantu 26 KK Korban Kebakaran Simeulue

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) menyalurkan bantuan kepada 26 kepala keluarga korban kebakaran di Simeulue. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden kepada masing-masing keluarga korban sebesar Rp2 juta, Selasa (16/10/2019).

“Pemerintah Aceh melalui Baitul Mal Aceh ikut berduka dan belasungkawa atas bencana kebakaran yang menimpa saudara-saudara kita di Simeulue. Semoga bantuan masa panik yang kita berikan dapat meringankan beban para korban yang baru saja terkena musibah,” kata Rahmad.

Rahmat menjelaskan, bantuan yang diserahkan secara tunai tersebut bersumber dari zakat senif gharimin. Setiap bencana yang terjadi secara alami seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, lain-lain akan mendapatkan bantuan dari Baitul Mal Aceh.

Rahmad menyebutkan bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai agar korban dapat menggunakannya untuk kebutuhan pokok yang amat mendesak. “Begitu kami mendapatkan kabar telah terjadi musibah di Simeulue, kami di Baitul Mal Aceh langsung membuat rapat untuk mengantarkan bantuan ke sana secara langsung,” ujarnya.

Selain itu katanya, bantuan dari Baitul Mal Aceh juga menyikapi surat pernyataan tanggap darurat bencana dari bupati Simeulue Nomor 360/3698/2019. “Bantuan kami serahkan di lokasi kebakaran dan disaksikan pemerintah setempat, tim amil lapangan Baitul Mal Aceh, serta masyarakat gampong,” ujarnya.

Seperti diberikatan di berbagai media sebelumnya, telah terjadi kebarakan hebat terjadi di kawasan Simpang Lima Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue pada Sabtu (12/11/2019) dini hari. Kebakaran telah menghanguskan sebanyak 29 unit rumah toko atau ruko.

Dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa. Kebakaran terjadi sekira pukul 02.30 WIB. Selain menghanguskan 29 unit ruko, kebakaran di Kota Sinabang tersebut juga menyebabkan 2 ruko lainnya rusak ringan.[]

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!