Bangun UIN Ar Raniry dengan Kebersamaan

GEMA JUMAT, 20 JULI 2018

Prof. Dr. Warul Walidin Ak MA – Rektor UIN Ar Raniry

Prof. Dr. Warul Walidin Ak MA resmi dilantik sebagai Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh periode 2018 – 2022 oleh Menteri Agama (Menag), H. Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta pada 2 Juli 2018. Sejak itu terjawab sudah teka-teki siapa pemimpin baru pada lembaga pendidikan agama bergengsi di Serambi Mekkah menggantikan Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA yang menjabat rektor UIN selama dua periode. Selain Warul Walidin, ada empat kandidat lain yang diusung ke Menteri Agama saat itu yakni Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, Prof Dr Misri A Muchsin MA, Prof Dr Syamsul Rijal MA, dan Prof Dr Syahrizal MA.

Dalam kesehariannya, pria kelahiran Desa Mamplam, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, 12 November 1958 tampak sederhana, murah senyum dan mudah akrab dengan siapa saja.  Setelah tamat dari SDN Gigieng,  kemudian ia melanjutkan sekolah ke Dayah Al-Falah, Simpang Tiga, Pidie, lulus pada 1977.  Warul juga tercatat sebagai siswa PGAN 4 pada tahun 1975 dan PGAN 6 di Sigli pada tahun 1977.

Warul kemudian hijrah ke Banda Aceh melanjutkan kuliah pada Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry bidang Pendidikan Agama Islam dan memperoleh gelar Sarjana Muda pada tahun 1980 sedangkan gelar sarjana (Drs) diraih pada tahun 1983. Sempat menjadi dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry beberapa tahun sebelum melanjutkan studinya pada program Magister Pascasarjana (S2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, lulus tahun 1989. Program Doktor (S3) juga diraih di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 1997, sambil mengajar dan mengabdikan dirinya di kampus UIN Ar Raniry. Selain itu Warul mendapat kesempatan mengikuti Program Indonesian Netherlands Cooperation in Islamic Studies (INIS) pada Faculty of Arts, Leiden University, The Netherlands (Belanda) tahun 1990-1991. Prof Warul Walidin dikukuhkan sebagai Guru Besar UIN Ar Raniry pada tahun 2005.

Profesi sebagai cekgu memang sudah mendarah daging pada diri Warul, berawal sebagai guru Madrasah Ibtidaiyah Paya Bakong – Aceh Utara pada tahun 1981 dan guru SMPN Lhoknga – Aceh Besar pada tahun 1983. Kemudian menjadi dosen tetap Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry tahun 1983, pernah menjabat Ketua Jurusan Kependidikan Islam (TKI) Fakultas Tarbiyah (1997-2000). Setelah itu, berbagai jabatan juga diemban oleh Prof Warul Walidin, termasuk Dekan Fakultas Tarbiyah pada tahun 2000 – 2001.

Selain berkarir di kampus, Warul Walidin juga aktif di luar almamater, misalnya menjadi Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh sejak 2009 hingga sekarang. Pernah juga  menjabat sebagai Rektor Universitas Abulyatam (Unaya) selama dua periode, 2005-2009 dan 2009-2010. Sebagai rektor UIN Ar Raniry yang baru dilantik, ke depan Warul Walidin berharap dapat merajut kebersamaan dan sinergisitas dengan semua pihak dalam pengembangan kampus UIN Ar-Raniry. “Saya mengharapkan agar ke depan ini tidak ada blok dan kelompok macam-macam di UIN. Mari satukan langkah, satukan pandangan serta berinteraksi dengan penuh santun dan ramah,” ujar Prof Warul dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) di Aula Gedung Rektorat Kampus UIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh, Kamis (12/7). Karena menurutnya, tanpa kebersamaan tidak mampu menggerakkan roda organisasi kampus UIN ke depan.

Warul termasuk piawai dalam mengatur waktu terutama kepeduliannya dalam membina pondok pesantren di berbagai tempat. Sebut saja Pembina Pondok Pesantren (Dayah) Nurul Walidin Ketol Aceh Tengah ( 2014 – sekarang),  Pembina Yayasan Perguruan Tinggi  Jamitar Lhoksukon Aceh Utara (2000 – sekarang), Pembina Pondok Pesantren Al-Manar Cot Irie Aceh Besar (1997- sekarang) dan lain-lain.

Salah satu penghargaan bernilai yang pernah diterima Prof Warul adalah Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Buku : “Metodologi Penelitian Kualitatif dan Grounded Theory dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (2018), selain itu sebagai Dewan Expert pada SCAD Independent dan Tim Expert Jurnal Illmiah Peuradeun dari SCAD Independent (2016). Baskar

 

 

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!