Hafidzah 30 Juz Anak Pedagang Ikan

GEMA JUMAT, 13 APRIL2018

Annisa Rahmah

Hidup sederhana dan berasal dari keluarga kurang mampu bukan halangan untuk meraih cita-cita. Itulah yang dibuktikan Annisa Rahmah (15 th) yang berhasil menyelesaikan hafalan Al Qur’an 30 juz dalam kurun waktu hanya dua tahun tujuh bulan di Dayah Insan Qur’ani Gampong Kling Manyang Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar.

Anak sulung dari empat bersaudara pasangan Burhanuddin dan Maiyanti kelahiran Desa Asoe Lhok Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar 23 Desember 2003 ini memang sejak kecil sudah suka menghafal ayat-ayat Al Quran. Ia mulai menghafal secara serius ketika masuk Dayah Insan Qur’ani pada Agustus 2015. Disebutkan, proses menghafal yang ia lakukan adalah dengan cara membaca arti terlebih dahulu setiap ayat sampai terhafal, kemudian ia muraja’ah (mengulang) di sela-sela waktu sekolah. Tidak heran ketika kelas 1 Tsanawiyah, Annisa telah menghafal 4 juz dan kelas 2 berhasil menghafal 11 juz hingga kelas 3 khatam 30 juz. Annisa bersama beberapa santri lain dinyatakan lulus mengkhatamkan hafalan Al Quran 30 juz pada Maret lalu.

Untuk menguatkan hafalannya, gadis yang hobi membaca ini selalu melakukan takrir hafalan setiap hari 2 hingga 4 halaman pada siang hari, bahkan ia pernah menghafal hingga setengah juz atau 10 halaman. “Tahap pertama saya menghafal  dengan membaca agar lancar, setiap ayatnya diulang berkali-kali hingga benar-benar terhafal,” kata siswi yang bercita-cita ingin menjadi dokter ini. Ia berjanji pada dirnya akan terus mempertahankan hafalannya  dengan cara tetap membaca dan mengulang bacaan setiap hari.

Ayahnya sehari-hari penjual ikan keliling, sedangkan ibunya ikut membantu ekonomi keluarga dengan membuat kue untuk dijual di kantin dayah tempat anaknya belajar. Kadang Annisa sedih melihat kedua orang tuanya berjuang keras dalam menafkahi keluarga. “Nisa ingin membuat bahagia ibu dan ayah,  semoga dengan Al-Qur’an kelak mereka bisa mendapatkan syafaat kelak bersama Nisa di surga,” ujarnya dengan nada haru.

Tahun ini Annisa akan melanjutkan ke Aliyah di Dayah Insan Qur’ani dan alhamdulillah telah dinyatakan lulus test sebagai calon santri baru beberapa waktu lalu.  Pimpinan Yayasan Dayah Insan Qur’ani, Ust. Muzakkir Zulkifli, SAg, menjelaskan bahwa Annisa termasuk memiliki kemampuan menghafal yang lumayan bagus, ia mampu menyelesaikan hafalan Al Qur’an 30 juz dalam waktu lebih cepat dari target yang ditetapkan lembaga bagi santri kelas reguler. “Dayah Insan Qur’ani memiliki program Tahfidz bagi santri reguler 5 Juz setahun, alhamdulillah Annisa mampu menyelesaikan 30 Juz dalam waktu tidak sampai tiga tahun,” paparnya. Diharapkan, prestasi yang diraih Annisa bisa memotivasi santri lain bahwa azam untuk mengkhatamkan Al-Qur’an adalah kekuatan yang dasyat sekalipun ekonomi lemah dan fasilitas kurang memadai. Semoga generasi Aceh di era globalisasi ke depan lebih banyak yang mampu menghafal Al Quran sekaligus pengamal isinya. (Baskar)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!