Jangan Takut Bersaing

GEMA JUMAT, 7 DESEMBER 2018

Rani Salsabila Efendi (18) tidak menyangka dirinya bisa meraih juara pertama pada ajang pemilihan Raja-Ratu Baca Aceh 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Apalagi gadis kelahiran Aceh Besar, 11 Agustus 2000, harus bersaing dengan peserta yang merupakan mahasiswa semester akhir, bahkan sarjana. Meskipun Rani peserta termuda, nyalinya tidak ciut, hingga akhirnya ia meraih gelar Ratu Baca Aceh 2018 dan berhak mendapatkan hadiah umrah.

Bagi gadis yang akrab disapa Rani ini, usia muda bukan masalah. Yang terpenting adalah tetap semangat menghadapi tantangan. Daripada khawatir soal usia, anak dari pasangan Syamsul Bahri dan Hastuti ini memilih fokus menjalani kompetisi. Ia menyiapkan diri, salah satunya dengan stalking akun media Raja dan Ratu Baca Aceh sebelumnya. Dari sana ia mempelajari pengalaman mereka mengikuti ajang yang sama. Ia pun jadi paham apa sebenarnya yang diinginkan dewan juri kompetisi tersebut terhadap para peserta.

Katanya, dewan juri ingin tahu bagaimana seorang peserta bila terpilih menjadi Raja-Ratu Baca mengampanyekan pentingnya membaca dan menulis. Kedua, bagaimana cara Raja-Ratu Baca bersosialisasi dengan masyarakat, baik itu di media sosial dan di dunia nyata. “Dalam bersosialisasi kita perlu menyesuaikan bahasa yang kita gunakan, tergantung lawan bicaranya,” ucapnya sambil tersenyum.

Gadis yang hobinya menulis ini mengatakan, saat proses penilaian peserta lomba, dewan juri meminta peserta menulis tentang buku yang pernah dibaca. Ia pun memilih buku berkualitas untuk dibaca serta dipahami dengan baik isinya. Saat menuliskannya, alangkah baiknya menyertakan nama pengarang, penerbit dan tahun terbit. Terkadang informasi itu dianggap sepele, padahal penting.

Pengalaman masa lalu mengikuti kompetisi sejenis menjadi guru berharga bagi Rani mengikuti ajang Ratu Baca Aceh. Misalnya cara menjawab pertanyaan dewan juri, ia juga sudah bisa beradaptasi berjalan menggunakan sandal high heels, serta menyeimbangkan sunting yang beratnya empat kilogram.

Pada 2019, ia akan mulai menjalankan tugasnya sebagai Ratu Baca Aceh. Ia  memiliki visi menjadikan media digital sebagai penggebrak literasi. Apalagi membaca sangat memengaruhi kemampuan seorang dalam menulis. Ketajaman sebuah tulisan sangat ditentukan seberapa banyak si penulis membaca buku. “Cara menulis yang bagus adalah membaca. Sedikit membaca menyulitkan kita untuk menulis,” ujar mahasiswi MIPA Informatika Universitas Syiah Kuala ini yang bercita-cita menjadi programmer.

Kemudian, ia ingin menyinergikan perpustakaan dengan perkembangan dunia digital. Masyarakat dapat memperoleh informasi melalui perpustakaan yang berbasiskan teknologi. Dengan teknologi masyarakat sangat mudah memperoleh informasi berkualitas.

Rani tidak ingin muluk-muluk soal program kegiatannya sebagai Ratu Baca. Ia akan menyosialisasikan  taman bacaan, mempromosikan dan mengajak masyarakat ke perpustakaan di car free day, serta berkolaborasi dengan komunitas lain mempromosikan pustaka digital Aceh (iPustakaAceh) di media sosial. “Kita boleh tinggal di tempat yang sama. Tapi dengan membaca pikiran kita mampu menjangkau seluruh dunia,” tutup gadis yang tidak suka milih-milih makanan ini. Zulfurqan

BIODATA

Nama               : Rani Salsabila Efendi

TTl                   : Aceh Besar, 11 Agustus 2000

Hobi                : Menulis, membaca, dan bercerita

Medsos            : instagram (@ranisalsabilaefendi), facebook (Rani Salsabila Efendi)

Pendidikan      : MIPA Informatika Universitas Syiah Kuala

Alamat              : Desa Empetrieng Kec. Darul Kamal Kab.  Aceh Besar

Prestasi            : Ratu Baca Aceh 2018, Pemuda Inspiratif Banda Aceh 2018, Finalis Duta Wisata Aceh Besar 2018, Juara 1 Lomba Menulis Puisi Literasi SMAN 10 Fajar Harapan 2018, Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Kebahasaan dan Kesastraan Balai Tingkat Pulau Sumatera 2017, Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Bandung 21-26 September 2016 Tingkat Nasional, dan seterusnya.

 

 

 

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!