Ummat Sekarang Suka Hedonisme

GEMA JUMAT, 8 NOVEMBER 2018

Dr.Tgk. H. Abdul Gani Isa, SH, M.Ag – Penceramah MRB

“Kondisi umat hari ini terindikasi sedang sakit. Bukan sakit fisik tapi sakit jiwa berupa depresi, karena suka hedonisme dan mengejar materi, senang dengan hiburan, kurang menarik datang ke rumah-rumah Allah,” Itulah kondisi dan gambaran ummat yang dipantau Dr. Tgk. H. Abdul Gani Isa, SH, M.Ag. (66) Oleh karena itu ia memberi saran agar umat Islam selalu bermuhasabah, taqarrub kepada Khaliq, di samping memperkuat ukhuwah, menjauhi hoax dan fitnah.  Menurut pria kelahiran Samalanga 10 Januari 1952 ini,  sering terjadinya musibah sekarang ini ada kaitannya dengan perbuatan maksiat dan kurang bersyukurnya ummat kepada Allah.

Ditemui di sela-sela acara Walimatul Urusy salah seorang dosen UIN baru-baru ini, Abdul Gani  juga mengingatkan ummat agar dalam  memperingati Maulid Nabi perlu mengaktuali­sasi­kan contoh dan keteladanan Rasulullah yang memilikI akhlak mulia dan agung dalam keseharian. “Bukan hanya hidang meulapeh dan makanan yang enak, namun hampa dari nilai dan bukti kecintaan kepada Rasulullah,” timpalnya.

Dalam hal semangat  belajar, ustaz yang satu ini patut menjadi spirit bagi generasi muda. Ayah enam putra putri ini berhasil menyelesaikan program S3 Prodi Fiqih Modern pada usia 59 tahun. Abdul Gani menempuh pendidikan mulai MIN, PGA, SPIAN, kemudian melanjutkan S1 Fakultas Syariah IAIN Ar Raniry dan Fakultas Hukum Unida, sedangkan S2 diselesaikan juga di UIN Ar Raniry.

Pengalaman jabatannya dimulai sebagai Kepala KUA Kecamatan Masjid Raya Aceh Besar, Kasi  Kepenghuluan, Kabid Urais, Kabid Penais pada Kanwil Kemenag Aceh. Pernah juga dipercayakan sebagai Kepala Kemenag  Aceh Utara (1999 – 2005) dan Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Utara (2006 – 2007). Selanjutnya akhir 2006, kakek 9 cucu ini hijrah kembali ke Banda Aceh sebagai dosen di UIN Ar Raniry sampai pensiun tahun 2017.  Sekarang anak dari pasangan alm H. M. Isa dan Hj. Fatimah menetap di Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh.

Sehari-hari A. Gani Isa, selain penceramah tetap Masjid Raya Baiturrahman setiap Ahad malam bakda Magrib dengan Rubuk Ibadah, kerap juga mengisi pengajian di berbagai masjid dan mushalla. Selain itu menjadi mediator di Mahkamah Syariyah Banda Aceh dan konselor PPKS Bungong Jempa BKKBN Aceh.  Sebelumnya pernah menjadi Ketua BP4 Aceh, anggota MPU Aceh, Ketua Dewan Pengawas Baitul Mal Kota dan Ketua BWI Perwakilan Aceh.

Ada cita-cita yang saat ini belum sempat teraih yakni gelar pangkat terakhir sebagai Guru Besar UIN. Sebenarnya, ia pernah mengusulkan,  namun saat itu terkendala dengan syarat tambahan seperti harus ada karya ilmiah dalam jurnal internasional, juga tidak terkejar waktu karena agak dekat dengan masa memasuki purnabakti.  (baskar)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!