Wujudkan Pengelolaan Masjid yang Berkualitas

GEMA JUMAT, 6 APRIL2018

Drs. H. Nasruddin Ibrahim, M.Ag – Plt. Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman

Ada harapan dan obsesi besar yang dipundakkan kepada Drs. H. Nasruddin Ibrahim, M.Ag (49) sebagai Plt. Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman yakni mewujudkan sistem pengelolaan masjid yang representatif dan berkualitas. Itulah salah satu misi yang akan diterapkan ke depan, di samping misi lainnya seperti mengembangkn pola pengelolaan program kemakmuran masjid yang efektif dan efisien, pengembangan dan peningkatan sumber pendapatan masjid melalui usaha-usaha ekonomi yang mandiri, mewujudkan sumber daya insani yang profesional, kredibel dan akuntabel serta meningkatkan kualitas ibadah mahdhah dan ibadah sosial menuju masyarakat yang marhamah.

Menurut pria kelahiran Meureudu 15 Maret 1969 ini, Visi UPTD Masjid Raya Baiturrahman dalam Rencana Strategis Bisnis 2017-2021 yaitu: “Terwujudnya sistem pengelolaan MRB Aceh yang mandiri, kredibel dan akuntabel untuk kemashlahatan umat”. Ia yakin bersama stakeholder yang ada didukung oleh pengurus masjid dan jamaah, visi dan misi tersebut akan dapat terwujud. “Pengelolaan adalah sikap dan usaha aktif dan produktif, berdaya saing, terampil dan inovatif serta mampu mengendalikan semua sumberdaya yang ada untuk memperoleh hasil yang maksimal,” ujarnya mantap.

Disebutkan, strategi dalam menjalankan manajemen UPTD MBR antara lain menerapkan standar mutu untuk pelayanan publik sesuai SOP yang ada dengan sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Selain itu akan menerapkan fl eksibilitas pengelolaan keuangan dengan prinsipprinsip bisnis yang sehat berbasis IT dan teknologi informasi serta melakukan penataan kelembagaan dan sistem penganggaran yang berorientasi pada pelayanan prima kepada jamaah.

Menurut mantan Sekretaris KNPI Aceh ini, demi kenyamanan jamaah, pihaknya akan menambah lagi beberapa tenaga security, termasuk tenaga kebersihan tempat wudhuk dan taman. “Demikian pula untuk keamanan, akan kita pasang CCTV di semua sudut strategis guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Ayah satu putra dan suami dari Mujibaturrahmi, SAg ini saat sekarang menjabat Kepala UPTD Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Da’i Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh. Riwayat pekerjaan dimulai sebagai guru MAN Indrapuri (1999 – 2000), guru MTsN Tungkop (2000 – 2006), Kepala MAN Sibreh (2006 – 2011), Kepala MAN Montasik (2011- 2013). Selain itu Nasruddin pernah mejadi dosen Luar Biasa UIN Ar Raniry dan Universitas Muhammadiyah Banda Aceh.

Prestasi yang pernah diraih alumni pascasarjana UIN (2004) ini juga lumayan banyak. Sebut saja Juara I Guru Teladan se-Aceh Besar dan Guru Teladan se-Aceh (2005), Juara I Guru Teladan Tingkat Nasional (2006) dan pernah ter pilih sebagai Pemuda Berprestasi tingkat Aceh (2010). Tidak hanya itu, Nasruddin juga pernah mendapat Peringkat Terbaik III pada Diklat PIM III Angkatan V BKPP Aceh (2015).

Di bidang organisasi, sejumlah jabatan pernah disandangnya seperti Sekretaris KNPI Aceh (2003-2006), Wakil Ketua BKPRMI Aceh (2006 – 2009), Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh (2009 – 2013), Wakil Ketua NU Banda Aceh (2009 – 2013), Wakil Ketua DPW Al Washliyah Aceh (2015 – 2018), Wakil Ketua BAKOMUBIN Aceh (2015 – 2019), dan Sekretaris Umum LASQI Aceh (2015 –2019). Baskar

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!