Ikhlas Memilih

GEMA JUMAT, 12 APRIL 2019

Oleh: Nurjannah M.Si (Ketua Fatayat NU Banda Aceh)

Ikhlas adalah salah satu kata-kata yang mudah diucapkan dan dengarkan tetapi paling sulit untuk dilaksanakan. Banyak nasehat supaya kita selalu bekerja dan melakukan sesuatu dengan ikhlas agar hidup lebih tenang dan bahagia.

Namun ternyata tidaklah mudah untuk beribadah atau beramal saleh dengan benar-benar ikhlas. Rasulullah SAW. Pernah bersabda, “ Ikhlaslah dalam beragama, cukup bagimu amal yang sedikit.” Dalam hadist lain Rasulullah SAW. bersabda,“ Sesungguhnya Allah tidak menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas dan mengharap ridha-Nya.”

Rasulullah telah mengingatkan kita, tetapi seakan-akan ikhlas itu sulit sekali menenani jiwa kita. Karena sebenarnya kita masih terpengaruh dengan mencari nama didunia yang semata-mata kita lakukan apapun untuk mengharap ridha makhluk bukan karena Allah itu namanya riya.

Apa lagi kita dihadapkan pada tahun 2019 yaitu tahun pesta rakyat, dimana kita harus menggunakan hak pilih kita dengan seikhlas-ikhlasnya. Jangan melihat hak pilih ini hanya melihat satu sisi semata sehingga memilih golput sebagai tindakan menyelamatkan diri dari hiruk pikuknya politik.

Sebenarnya itu langkah salah yang sudah kita pilih, bagaimanapun juga, kita sebagai khalifah harus menyertakan diri dengan seikhlas-ikhlasnya untuk mencoblos wakil kita siapapun yang kita yakin dan ikhlas untuk memilihnya.

Jangan juga kita menghina pada wakil rakyat yang tidak kita pilih karena sesungguhnya itu sudah melakukan fitnah kepada sesama muslim yang seharusnya saling menjaga dan menghargai. Dengan memilih kita telah melakukan jihad.

Begitu juga kepada seluruh wakil rakyat yang telah mencalonkan diri, ikhlas maju karena Allah demi hak rakyatnya. Sebaliknya harus ikhlas juga ketika mendapat hasil yang tidak sesuai harapan.

Imam Syafi’i pernah memberi nasihat kepada seorang temannya,“ Wahai Abu Musa, jika engkau berijtihad dengan sebenar-benar kesungguhan untuk membuat seluruh manusia ridha (suka), maka itu tidak akan terjadi. Jika demikian, maka ikhlaskan amalmu dan niatmu karena Allah Azza wa Jalla.”

Nah, jika kita berbuat sesuatu apapun itu karena manusia, misalnya ingin disukai, dipuji, ingin dihargai, ingin dihormati,ingin dibalas jasa dan sebagainya. Itu tidak akan didapatkan, karena ,manusia itu berubah-ubah, hari ini dipuji besok dihina bahkan sebaliknya.

Jadi janganlah berharap kepada selain Allah, karena manusia tidak kekal yang kekal itu hanyalah Allah. Pada Allahlah kita harus meminta apapun yang mau kita dapati. Seringlah menyebut nama Allah dibandingkan menyebut nama lain selain Allah. Karena janji Allah itu pasti bagi hambanya yang selalu ikhlas melakukan sesuatu karena Nya.

Jika kita mau menata diri agar dapat melakukan sesuatu dengan ikhlas, kita dapat melihat ciri-ciri pada diri kita yang harus kita jaga. Diantaranya: Pertama,terjaga dari segala sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT, baik sedang bersama dengan manusia atau sendiri.

Dua, senantiasa beramal di jalan Allah SWT baik dalam keadaan sendiri atau bersama orang orang lain, baik ada pujian ataupun celaan. Tiga, selalu menerima apa adanya yang diberikan oleh Allah SWT dan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Empat, mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Dengan ikhlas kita akan memperoleh manfaatnya, dapat membuat hidup menjadi tenang dan tenteram, amal ibadah akan diterima oleh Allah SWT, dibukanya pintu ampunan dan dihapuskannya dosa serta dijauhkan dari api neraka, diangkatnya derajat dan martabat oleh Allah SWT, doa kita akan diijabah, dekat dengan pertolongan Allah, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Dan yang paling penting akan mendapatkan naungan Allah SWT di hari kiamat, Allah SWT akan memberi hidayah (petunjuk) sehingga tidak tersesat ke jalan yang salah, Allah akan membangunkan sebuah rumah untuk orang-orang yang ikhlas dalam membangun masjid, mudah dalam memaafkan kesalahan orang lain, dapat memiliki sifat zuhud (menerima dengan apa adanya yang diberikan oleh Allah SWT).

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!