Awali dengan Bismillah

GEMA JUMAT, 22 FEBRUARI 2019

Oleh: Nurjannah, M.Si,Ketua Fatayat NU Banda Aceh

“Jangan menyerah buk ya yang semangat semoga usahanya tambah maju,” ucap salah seorang pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh suatu ketika kepada penulis. Memulai usaha itu tidak mudah, banyak kekhawatiran yang terjadi pada sipemilik usaha.

Jika niat sudah mantap untuk memulai sebuah usaha, jangan ragu tekadkan hati mantapkan jiwa dan mulailah dengan bismillah, Insya Allah usaha akan berjalan lancar.

Ambillah peran dan tanggungjawab penuh pada usaha yang sedang dijalankan. Yakinkan hati sekecil apapun usaha yang lagi dijalankan, pasti ada peluang rugi dan untung yang nantinya akan dialami.

Berimajinasilah dengan keadaan sekitar, Insya Allah ide-ide datang tanpa sengaja dan tanpa diduga-duga melalui baca-baca ataupun mengamati keadaan sekelliling.

Yang paling penting mulailah dengan managemen yang teratur, tanpa ada keraguan dalam memulainya. Ada beberapa hal yang harus direncanakan dan dipersiapkan. Mulai dari modal, bentuk usaha yang diinginkan, lokasi usaha, jaringan, target konsumen, bahan baku, pasar dan sebagainya.

Mulai saja dengan hal-hal yang ringan dan tetap punya semangat untuk perkembangan usahanya hari ke hari. Siapkan mental untuk menerima segala kemungkinan yang akan terjadi. Kecil maupun besar usaha yang akan dijalankan pasti berpeluang pada untung maupun rugi yang nantinya akan dialami.

Yang paling penting istiqamah dengan usaha yang dijalankan dan selalu iringi dengan doa agar usahanya sukses.

Bagaimana caranya agar sukses? Berbuat baik kepada sesama manusia, maka Allah akan membalasnya dengan kebaikan. Jangan sekali-kali zalim pada karyawan, menjadikan saingan sebagai musuh, tetap yakin Allah pemberi rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.

Dalam Al-Quran Allah telah menjamin rezeki orang-orang yang beriman dan selalu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia.

 “Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. 7:157)

Usaha bertemu peluang

Bagaimana usaha sukses dan bertemu pluang? “Usaha bertemu peluang”, artinya timing dan momennya pas, ketemu disuatu titik, artinya jika tidak adanya usaha maka pasti peluang tersebut tidak akan ditemukan, tapi jika memang nasib tidak bagus maka sehebat apapun usahanya maka peluang tersebut tidak akan ketemu.

Sebagai pengusaha muslim dapat kita simpulkan bahwa, berhasil tidaknya dan seberapa cepat kita bisa ketemu dengan peluang, akan diketahui setelah kita berusaha dengan sungguh-sungguh.

Hal demikian murni peran Yang Maha Kuasa Allah Ta’ala, yaitu apakah kita dimudahkan untuk bertemu dengan peluang tersebut atau tidak. Sehingga akhirnya dapat kita nyatakan kita beruntung atau rugi.

Harus kita akui bahwa usaha (ikhtiar) tidak luput dari kekuasaan Allah Taala. Jadi kita harus menjaga usaha kita benar-benar bersih dari segala kezaliman, haram dan sebagainya Insya Allah kita diberi kemudahan oleh-Nya untuk mendapat peluang sebagaimana dikehendaki. Amin.

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!