Allah Maha Kuasa

GEMA JUMAT, 30 NOVEMBER 2018

Oleh Tgk. H. Ameer Hamzah

Dan di bumi ini terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang yang yakin, dan juga pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan (QS. Az-Zahriat[51]:20—21).

IBNU QAYYIM Al-Jauziyah adalah ahli tafsir kenamaan abad pertengahan. Dalam kitabnya “At-Tibyan Aqsamil Quran” menyebutkan; Allah SWT. Telah menciptakan bumi ini tujuh lapis juga. Tanda-tnda kekuasan Allah kita temukan sejauh mata memandang dan pada diri kita sendiri. Tentu hal ini bagi mereka yang berakal. Sebaliknya orang-orang jahil tidak mampu melihatnya.

Kekuasaan Allah di bumi, Allah menciptakan daratan dan lautan yang maha

luas. Di darat Allah menumbuhkan pohon-pohon yng sangat banyak, tak terhitung jumlahnya. Permukaan bumi menjadi subur akibat disirami hujan lebat sebagai pupuk penyuburan bibit. Sungai-sungai mengalir, dibuat irigasi oleh manusia untuk menggenangi sawah mereka. Dari sawah mereka menanam padi dan dan gandum sebagai makanan pokok di nusantara dan Mesir.

Di daratan, ada makhluk hayawan yang banyak sekali jenisnya. Semua hayawan itu dapat dimanfaatkan manusia untuk membantu mereka bekerja seperti gajah, kerbau, lembu, kuda, unta dan sebgainya. Ada juga binatang yang haram di makan tetapi masih berguna untuk yang lain. Misalnya anjing dapat membantu petani dan polisi.

Di  laut yang berair asin, yakni lautan dan samudra raya, Allah SWT menjadikan ikan-ikan segar yang tak terhitung banyaknya, memberi ilmu pengetahuan kepada manusi untuk menangkap ikan-ikan tersebut. Di laut ada mutiara dan bijih besi. Di laut juga ada tambang minyak bumi dan gas. Allah juga mengajarkan manusia untuk membuat kapal-kapal besar untuk mengarungi lautan.

Tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. juga terdapat pada diri manusia sendiri. Sesungguhnya Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yng sebaik-baiknya. Allah memberi akal untuk berpikir, diberi garizah tadayyun (kecendrungan untuk beragama), mengenal baik dan buruk, Allah yang memberi rezeki kepada manusia, menanamkan rasa cinta kepada psangan hidupnya. Allah juga yang memberi keturunan. Lalu Allah menghidupkan dan mematikan mereka. “Kmilah yng menciptakan mereka dan menguatkan tubuh mereka (QS. Al-Insan[76]:38).

Masih banyak tanda-tanda kekuasaan Allah SWT di bumi, laut dan udara. Allah pencipta alam semesta. Allah yang menghidupkan dan mematikan kita. Kelak kita akan dibangkitkan lagi untuk menerima pahala dan dosa yang telah kita kerjakan di dunia ini. Karena itu ingatlah, kita ini sangat hina dan kecil sedangkan Allah Maha Kuasa.

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!