Kitab Catatan Amal

 Gema JUMAT, 22 JULI 2016

Oleh H. Ameer Hamzah

Tiap-tiap umat dipanggil untuk melihat kitab catatan amalnya. Inilah kitab catatan amalmu. Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya kami telah menyuruh mencatat dengan benar apa yang telah kamu kerjakan (QS. Aljasiah [45]:28,29).

KITABUM MARQUM  adalah kitab catatan amal manusia yang terekam dan tertulis dengan benar. Kitab ini dibagi dua, yang pertama disebut Sijjin (kitab catatan amal bagi orang yang durhaka) dan kedua disebut Illiyyin (kitab catatan amal bagi orang beriman). Kedua kitab ini akan diperlihatkan pada yang bersangkutan (manusia) di hari akhirat kelak.

Banyak manusia lupa dengan kitab catatan amal ini. Padahal dari kanan dan kiri mereka masing-masinga ada malaikat yang mencatat amal perbuatan mereka. Anggota tubuh mereka seperti kulit, tangan, lidah dan kaki juga menjadi saksi di hari akhirat nanti. Orang-orang beriman sangat takut kepada Allah, sehingga mereka tidak berani melanggar perintah-perintah-Nya. Sebaiknya orang-orang duhaka (tidak beriman) mereka melupakan malaikat pencatat amal mereka.

Sijjin

Catatan amal  orang durhaka, kafir dan munafik terekam  dan terttulis dalam kitab yang bernama Sijjin. Qalallahu Ta’ala: Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan. (QS. Al-Qamar [54]: 52). Pada hari itu, diberikan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya. Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri (QS. Al-Qiamah [75]: 13-14).

Allah mengingatkan manusia, “Sekali-kali jangan curang, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam sijjin. Tahukah kamu, apakah sijjin itu? Ialah Kitabum Marqum (kitab yang tertulis.(QS. Almutaffifin [89]:7-9). Para malaikat Allah menulis dengan sebenarnya, apa adanya, tidak ada yang dikurangi atau dilebihkan. Pada hari kiamat nanti, akan diperlihatkan, manusia tak mungkin membantah sebab buktinya sangat akurat.

Orang kafir dan munafik yang durhaka ini akan menerima kitab catatan amalnya dengan tangan kiri mereka (QS. Al-Haqqah [69]: 25), bahkan ada yang menema dari belakang punggung mereka. Qalallahu Ta’ala:  Adapun orang-orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka dia berteriak, celakah aku. Dan dia akan masuk dalam api nereka yang menyala-nyala. (QS. Insyiqaq’ [84]:10-12). Wajah calon penghuni neraka itu sangat ketakutan seperti serigala yang takut pada singa.

Illiyyin

Kitabum Marqum yang kedua adalah Illiyyin, yakni kitab untuk mencatat amal-amal manusia yang beriman. Semua akan diperlihatkan nanti di hari akhirat. Orang-orang beriman akan menerima kitab catatan amalnya itu dengan tangan kanannya. Qalallahu Ta’ala:  Dan barang siapa yang diberi kitab catatan amal di tangan kanannya, maka mereka ini akan membaca bukunya itu. Dan mereka tidak dianiaya sedikitpun (QS. Isra’ [17]: 71).

Wajah orang-orang beriman yang menerima kitab catatan amal dengan tangan kanannya, mereka amat bahagia dan berseri-seri. Mereka senang dan merasa sebagai calon penghuni surga. Kondisi ini tak bisa dilukiskan, sangat senang, bahagia lahir batin. Dan ternyata kemudian, Allah memanggil mereka untuk masuk dalam surga yang luasnya seluas langit dan bumi.

 

 

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!