Sambutan GUBERNUR ACEH

gema Jumat, 31 Juli 2015

Sambutan Pada Ground breaking Pengembangan Landscape dan insfrastruktur masjid raya baiturrahman- Ground breaking Pengembangan Landscape dan insfrastruktur masjid raya baiturrahman, Selasa, 28 Juli 2015

“bismillahirrahmanirrahim” assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh alhamdulillahi rabbil‘alamin, Wassalatu Wasalamu‘ala asyrafil ambia-i Walmursalin. Wa’ala alihi Washahbihi ajma’in.alhamdulillahi rabbil‘alamin, Wassalatu Wasalamu‘ala asyrafil ambia-i Walmursalin. Wa’ala alihi Washahbihi ajma’in.

Marilah sama-sama kita memanjatkan puji syukur kehadhirat allah SWt, yang telah memberi kita rahmat dan karunia-Nya,  sehingga pada hari ini kita dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka menyaksikan Ground breaking dimulainya pembangunan dan pengembangan landscape serta infrastruktur masjid raya baiturrahman. Shalawat dan salam kita sanjungkan ke pangkuan alam, Nabi besar muhammad SaW, beserta keluarga dan para sahabat beliau sekalian.

M asJiD raya baiturrahman tempat kita berada saat ini, merupakan masjid bersejarah yang menjadi ikon bagi aceh sekaligus sebagai simbol bagi perjuangan dan penyebaran islam di tanah air.Dengan latar belakang sejarah itu, wajar kalau keberadaan masjid ini mengundang banyak perhatian masyarakat dunia yang  ingin mengetahui sejarah aceh maupun perkembangan islam di nusantara. Predikat itu tentunya menjadi landasan bagi kita untuk memperkuat keberadaan masjid ini bagi pengembangan islam di masa depan.

Sesuai harapan itu, pada hari ini kita akan memulai pekerjaan pembangunan landscape dan infrastruktur masjid raya baiturrahman. Dengan pembangunan dan pengembangan ini, insya allah masjid ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah, tapi juga menjadi pusat berbagai kegiatan islam di aceh dan di nusantara.

Sebagaimana telah kita rencanakan bersama, pengembangan dan pembangunan landscape masjid ini akan berlangsung selama dua tahun, dan diharapkan selesai pada bulan mei 2017. Dengan selesainya pembangunan ini, insya allah masjid raya baiturrahman ini akan lebih indah, dan suasana di dalamnya juga akan semakin nyaman dan menambah khusyu’ dalam beribadah. Dengan semua fasilitas itu, kita akan terus mendorong masjid raya baiturrahman sebagai simbol bagi penguatan ajaran islam di tanah air.

Pada kesempatan ini saya sekilas ingin menyampaikan informasi tentang pembangunan landscape dan infrastruktur masjid ini. Pembangunan akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek, kita akan melakukan pemasangan 12 Unit payung elektrik, yang bentuknya persis seperti yang ada di masjid Nabawi madinah. Lalu ada pula pembangunan basement tempat parkir kendaraan roda 2 dan roda 4, tempat wudhu pria dan wanita, dan pembangunan berbagai sarana lain, seperti taman, rumah genset, pengolahan air limbah, drinking water system dan perbaikan beberapa interior bangunan masjir raya.

Sedangkan untuk jangka panjang, kita akan melakukan perluasan masjid di empat kawasan sesuai peruntukannya. kawasan barat dari masjid ini akan kita dijadikan sebagai pusat pendidikan karena di lokasi itu akan dibangun tPa dan sekolah yang fokus pada pendidikan agama islam. bagi anak-anak kami yang ingin belajar tentang alQuran atau ingin menjadi hafiz, nantinya dapat belajar di pusat pendidikan itu.

kawasan selatan akan kita jadikan sebagai pusat berbagai aktivitas islam, karena di lokasi itu akan dibangun guest house dan convention center . bagi wisatawan domestik dan internasional yang berkunjung ke aceh atau ingin menikmati keindahan masjid dan kota banda aceh, bisa menginap di guest house itu. boleh dikatakan, kawasan selatan itu nantinya akan menjadi lokasi unit usaha untuk menopang operasional masjid yang dikelola dengan manajemen islami.

Untuk kawasan timur akan kita jadikan tempat media baiturrahman, yang akan digunakan untuk penyiaran berita islami dan penyebarluasan informasi terkait agama islam. Sebuah Departemen Store juga akan kita bangun di kawasan timur itu sebagai central bisnis islami yang akan dikelola oleh Pengurus masjid raya baiturrahman.

Sedangkan kawasan utara akan dibangun pusat percetakan dan Galeri. Nantinya kawasan utara akan terhubung dengan krueng aceh sehingga menambah keindahan dan keunikan masjid ini.

Guna memenuhi semua harapan itu, tentunya panitia pembangunan masjid ini harus membebaskan sejumlah lahan dan bangunan yang ada di lokasi yang saya sebutkan tadi. kita berharap pembebasan lahan ini bisa diselesaikan secepatnya agar kegiatan pembangunan berlangsung tepat waktu. Dukungan masyarakat, terutama yang ada di kawasan masjid ini, tentu sangat kami harapkan sehingga pengembangan masjid ini berjalan sebagaimana kita harapkan.

Masyarakat juga dapat berpartisipasi mendukung pembangunan masjid ini dengan menghubungi panitia yang sudah ditunjuk. Saya percaya, dengan dukungan masyarakat dan para dermawan, cita-cita kita mengembangkan kawasan masjid raya baiturrahman sebagai pusat pengembangan islam di indonesia, insya allah akan tercapai.

Demikian sambutan saya sekaligus gambaran singkat tentang rencana pembangunan dan pengembangan masjid kebanggaan rakyat aceh ini. mudah-mudahan semua kegiatan yang kita rencanakan ini berjalan lancar, sehingga di masa depan masjid raya baiturrahman dapat menjadi salah satu pusat peradaban dan pengembangan islam di zaman modern.

Di samping bekerja keras, kita juga tak lupa berdo’a, semoga perjuangan kita memperkuat fondasi Syariat islam di aceh mendapat ridha dari allah SWt. Wabillahitaufiqwalhidayah Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

GUBERNUR ACEH
dr. H. ZAINI ABDULLAH

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!