Berzikir untuk Pemilu Damai

GEMA JUMAT,12 APRIL 20199

Tgk. Akmal Abzal, SHI – Divisi Pendidikan Pemilih, Sosialisasi dan Parmas KIP Aceh

Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dalam menghadapi Pemilu 2019 ini. Disamping sosialisasi kepada masyarakat KIP juga dalam melaksanakan kegiatan lainnya. Beberapa hari belakangan ini kita melihat baik dari KIP Aceh sampai KIP kabupaten kota menggelar Zikir. KIP Aceh melaksanakan zikir Akbar Pemilu Damai 2019 di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu malam 10 April 2019. Zikir diikuti oleh seribuan warga, dihadiri oleh para komisioner KIP Aceh dan unsur Forkopimda di Aceh. Komisioner KPU RI, Ilham Saputra ikut hadir di sana. Simak wawancara singkat Wartawan Tabloid Gema Baiturrahman Indra Kariadi dengan Komisioner KIP Aceh Tgk. Akmal Abzal, S.HI.

Apa hikmah zikir?

Zikir adalah menyentuh jiwa-jiwa masyarakat menjelang minggu tenang dan pemungutan suara. Dari zikir ini bisa menjadi pereda ransangan yang meningkat dan emosional yang meledak-meledak, kondisi calegpun bisa maksimal menyakinkan konstituennya. Maka kita berharap dengan semangat zikir ini, tubuh kesejukan, ketenduhan, dan silahkan mereka memilih dengan bebas. Tetapi mereka betul-betul memilih dengan ketenduhan hati dengan petunjuk dari Ilahi. Maka zikir kita lakukan pada malam ini dari bagian puncak ikhtiar kita. Setelah ikhtiar upaya edukatif dan sosialisasi kita lakukan, tidak cukup engan upaya tenaga manusia, perlu sentuhan dari Allah. Maka harapan kita dengan zikir ini pada hari rabu tanggal 17 April 2019 menjadi hari pesta demokrasi yang semua orang tersenyum dan tidak ada yang tercederai.

Apa upaya KIP dalam membentengi berita hoax?

Tentu upanya belum berhenti dengan upaya zikir saja, kita akan terus mengedukasi sampai pada detik-detik terakhir pencoblosan, agar masyarakat memilih itu benar-benar mereka mengetahui rekam jejak calegnya. Pemilihan itu bukan yang dipilih tanpa melihat rekam jejaknya calegnya dengan unsur-unsur hoax, fitnah, unjaran kebencian yang sedang marak dimedia social. Kita berharap dan mendorong masyarakat untuk lebih peka dan teliti untuk calon yang dipilih baik itu capres dan cawapres maupun partai politik dan DPD.

Apa harapan Anda dalam menciptkan pemilu damai?

Harapan kita dengan zikir yang kita lakukan ini kelak Allah meneriam doa dan pinta kita. Pada pemilu 2019 ini kita mengimbau kepada peserta pemilu dan masyarakat agar bisa menciptkan pemilu damai dengan tak ada yang tersakiti, menang tidak congkak, kalah tidak menangis dan putus asa. Karena pesta demokrasi ini adalah roda lima tahunan dan terus akan terjadi. Hari ini mungkin menjadi musuh lima tahun kedepan mungkin akan menjadi teman dan mitra. Maka tak ada kepentingan dan permusuhan yang harus berkepanjangan hanya beda pilihan.

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!