Gerhana Bulan Bukti Kebesaran Allah SWT

GEMA JUMAT, 26 JANUARI 2018

Bumi, bulan, dan matahari adalah sebagian pengisis tata surya. Allah telah mengatur orbitan bulan dan bumi luar biasa rapinya. Terkadang, ada suatu masa dalam orbitannya terjadi suatu peristiwa yang disebut dengan gerhana. Di Aceh, masyarakat bisa menyaksikan peristiwa gerhana bulan pada 31 Januari 2018. Umat Islam di Aceh diserukan melaksanakan salat gerhana. Untuk mengetahui lebih lanjut, wartawan Gema Baiturrahman Zulfurqan mewawancarai Tgk Alfirdaus Putra SHI MH. Ia adalah Tenaga Falakiyah, Hisab dan Rukyat di Kanwil Kementrian Agama Aceh

Bagaimana penjelasan Alquran tentang gerhana bulan dan matahari?

Di dalam Alquran tidak terdapat penjelasan langsung tentang gerhana bulan maupun matahari, tetapi secara general disebutkan tentang peredaran bulan dan matahari pada orbitnya, seperti dijelaskan dalam surat Ibrahim ayat 33. Bunyinya, Dan Dia (Allah) telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang”. Peredaran bulan dan matahari pada orbit sebagaimana dijelaskan dalam Ibrahim 33 tersebut merupakan sebab utama terjadinya gerhana bulan dan matahari.

Rinciannya apa ada dijelaskan dalam hadis?

Dari Abu Bakrah berkata: ketika kami berada disisi Rasulullah saw terjadilah gerhana Matahari lalu beliau saw pergi ke Masjid sambil menarik rida’nya saking terburu-buru, maka para sahabat pun berkumpul di sekelilingnya maka Rasulullah saw melaksanakan salat 2 rakaat seperti salat yang kalian lakukan, ketika gerhana selesai beliau berkhutbah: ”sesungguhnya matahari dan bulan di antara bukti-bukti kebesaran Allah Swt untuk menumbuhkan rasa takut hamba-hambaNya melalui peristiwa tersebut, sesungguhnya keduanya tidak terjadi karena kematian seseorang, jika kalian melihat kejadian gerhana keduanya (Matahari dan Bulan) maka salatlah dan berdoalah kepada Allah Swt hingga tampak terang segala sesuatu yang berada di sekitar kalian” (HR. Bukhari, An-Nasa’i dan Ibnu Khuzaimah).

Bagaimana proses terjadinya gerhana?

Gerhana bulan terjadi apabila posisi bumi berada antara matahari dan bulan pada garis lurus yang menyebabkan sinar matahari menuju bulan terhalangi dengan posisi bumi.

Apakah gerhana bisa diprediksi?

Gerhana bulan dapat dihitung dengan keauratan hampir 98%, merujuk kepada perhitungan pergerakan matahari,  bulan dan bumi pada orbitnya, sama halnya seperti perhitungan kalender.  Dan untuk gerhana bulan di tahun 2018 ini terjadi pada tanggal 31 Januari tahun 2018 yang merupakan gerhana bulan total untuk seluruh wilayah Indonesia. termasuk Aceh.

Istimewanya gerhana kali ini terjadi sekaligus dengan super moon yaitu posisi bulan terdekat dengan bumi (perigee), sehingga bulan terlihat lebih besar dari purnama biasanya.

Kalau terjadi gerhana, apakah berdampak bagi keadaan alam, misalnya terjadi pasang air laut?

Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang terus menerus terjadi, gerhana bulan terjadi pada saat bulan purnama, sama halnya seperti bulan purnama yang menyebabkan air laut pasang yang disebut dengan pasang purnama. Dan sebenarnya, tidak ada mitos apapun pada saat gerhana terjadi sebagaimana disebutkan pada dalil hadis di atas, melainkan hanya fenomena alam sebagai bukti kebesaran Allah. Sehingga kita di sunahkan untuk berzikir, salat sunat gerhana bulan (khusuf), berdoa dan memperbanyak bersedekah.

Mengapa kita dianjurkan melakukan salat gerhana?

Jumhur ulama berpendapat salat gerhana hukumnya sunnah muakkad, tentunya karena terdapat hadis yang sahih untuk pelaksanaannya. Selain itu, salat sunah ini dianjurkan berjamaah dan setelah salat terdapat khutbah sebagaimana khutbah lainnya untuk mengingat tanda tanda kebesaran Allah Swt.

Apakah ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana. Misalnya melihat langsung prosesnya dengan mata telanjang?

Gerhana bulan yang terjadi 31 Januari 2018 ini dapat dilihat langsung dengan mata telanjang, karena berbeda dengan gerhana matahari yang memancarkan sinar ultraviolet yang dapat membutakan mata, bulan hanya memantulkan cahaya matahari.

Caranya dapat langsung melihat ke arah timur di mana purnama akan terbit, cahaya purnama akan sedikit demi sedikit meredup karena cahaya terhalangi bumi. bahkan jikalau suasana cerah maka bulan akan terlihat agak kemerah-merahan. Puncak gerhana terjadi pukul 20.29.59 WIB.

Bagaimana cara kita mengambil hikmah dari kejadian gerhana?

Gerhana adalah pengingat akan kebesaran dan kekuasaan Allah. Ditandai dengan  salat khusuf, zikir dan berdoa. Menjadi pengingat juga terhadap dosa-dosa dengan beristigfar memohon ampun kepada Allah. Mari sama-sama kita memperbanyak sedekah sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah.

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!