Kita Akan Tingkatkan Kenyamanan MRB

GEMA JUMAT, 02 MARET 2018

Drs. Tgk. H. Nasruddin Ibrahim M.Ag

(Plt. Kepala UPTD Pengelolaan Masjid Raya Baiturrahman)

Masjid merupakan tempat ibadah penting bagi umat Islam. Selain untuk beribadah, masjid juga menjadi tempat pembelajaran, musyawarah, perlindungan, sampai pusat kebudayaan. Sebagai ikon kebudayaan, masjid tak terlepas dari budaya masyarakat muslim di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, hingga sebagian dari Thailand dan Filipina.

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, kini tampil dengan wajah barunya yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Pekarangannya kini diganti dengan marmer dan ditambah 12 payung raksasa. Simak wawancara singkat Wartawan Tabloid Gema Baiturrahman Indra Kariadi dengan Plt Kepala UPTD Pengelolaan Masjid Raya Baiturrahman, Drs. H. Nasruddin Ibrahim M.Ag tentang peningkatkan pelayanan Masjid Raya.

 

Bagaimana meningkatkan pelayanan di Masjid Raya?

Dengan fasilitas yang memadai yang dimiliki oleh Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dengan sumber daya manusia yang belum mencukupi. Maka ini perlu kita tingkatkan baik itu dari segi SDM dilingkungan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh maupun kesejahteraan para keluarga besar Masjid Raya Baiturrahman itu sendiri. Dengan APBA sudah disahkan kita meminta kepada pemerintah Aceh untuk meningkatkan sumber daya manusia, terutama untuk penambahan tenaga keamanan, karena kita melihat dengan masjid yang sebesar itu, cuma memiliki enam tenaga keamanan, sementara pintu yang aktif itu ada empat. Sebenarnya kalau kita melihat tidak cukup dengan posisi seperti ini, apalagi dalam memberi kenyamanan kepada jamaah. Karena Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh hari ini  banyak kedatangan tamu baik secara nasional maupun internasional.

Selanjutnya kebersihan?

Kita juga akan meningkatkan dari segi kebersihan, terutama tentang keindahan taman. Banyak masukkan dari masyarakat, ketika melihat Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, mereka mengatakan masjid raya Baiturrahman belum begitu bersih. Maka ini perlu kita tingkatkan pada bidang kebersihan supaya tercipta kenyamanan kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah di rumah Allah ini. Kita juga mewujudkan kebersihan tempat wudhuk yang bisa diciptakan seperti bandara pesawat, habis dipakai jamaah kamar mandi, langsung di bersihkan oleh pihak kebersihan masjid. Ini akan kita lakukan dengan cara bertahap-tahap dalam mewujudkan masjid yang nyaman, tertib dan indah.

 

Bagaimana pelayanan yang diberikan selama ini ?

Insyaallah akan kita wujudkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang datang ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, ketika pulang dari masjid raya mereka akan meninggalkan kesan dan pengalaman yang sangat indah serta menarik untuk diceritakan kepada masyarakat dikampung.

Dengan terwujudnya Masjid Raya kepada  pembentukan unit pelaksana teknis Dinas Syariat Islam Aceh dengan sistem pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dan kita berharap supaya menjadi masjid yang megah se Asia Tenggara. Sekarang Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh  sudah menjadi ikon nasional dengan dua masjid lainnya di Indonesia seperti Masjid Istiqlal terletak di Jakarta dan Masjid Nasional Al Akbar, yang dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya.

Solusi Anda agar tercipta suasana tertib dan nyama di Masjid?

Kita akan melakukan komunikasi dengan pihak dinas perhubungan dan dinas perdagangan kota Banda Aceh dalam upaya mencari solusi yang terbaik untuk terwujudnya lingkungan masjid yang bersih, tertib dan nyaman digunakan baik untuk pejalan kaki maupun wisata luar. Keindahan masjid raya yang begitu megah akan terhalang oleh lingkungan yang kurang menarik dipandang mata. Yang paling penting adalah sama-sama kita dengan masyarakat menjaga keindahan masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini.

Upaya apa saja untuk pelayanan jamaah?

Kita akan terus meningkatkan baik pelayanan maupun kebersihan serta keindahan. Maka ini akan kita lakukan dengan mencoba nanti dalam bentuk studi banding. Dengan cara berkunjung ke mesjid lain, baik itu belajar tentang peningkatan sumber daya manusia dengan belajar kepada masjid lain, baik itu dalam peningkatan manajemen masjid, kebersihan masjid, penataan taman yang indah, dan pemberdayaan ekonomi masjid. Kita akan belajar kepada masjid lain di luar Aceh, sehingga terwujudnya pelayanan yang nyaman, kebersihan, dan juga manajemen masjid raya. Dengan adanya payung dan lantai berlapis marmar, kemudian didukung dengan eskalator di setiap tangga pada sisi kanan dan kiri untuk menuju plaza, sehingga semakin memanjakan pengunjung untuk selalu betah di area masjid kebanggaan rakyat Aceh ini.

Bagaimana memberdayakan  jamaah dan keluarga besar Masjid Raya?

Yang pertama akan kita kembangkan sumber daya manusia didalam masjid yang sudah ada. Terutama adalah para iman masjid, disamping mereka para hafidz-hafidz. Kami akan meningkatkan lagi dengan cara melakukan pelatihan kepada para iman dengan mendatangkan tutor para tingkat nasional. Kedua para muazin, akan juga kita lakukan pelatihan dalam bentuk peningkatan lagi yang lebih bagus lagi. Ketiga, pemberdayaan remaja masjid  untuk mengembalikan kecintaan generasi muda pada gerakan kemasjidan sekaligus mengasah kemampuan manajerial kepemimpinan yang cinta Qur`ani. Keempat peningkatan tenaga pengajar Taman Pendidikan Quran (TPQ) plus akan kita tingkatkan dan kita berdayakan serta komunikasi dengan mereka dengan cara belajar meningkatkan manajemen dan sdm yang sudah ada.

 

Harapan dan program Anda ke depan?

Kita hari ini terus membuat program perencanaan, dengan adanya UPTD dan BLUD di Masjid Raya Baiturrahman. Maka bersama-sama dengan masyarakat akan kita wujudkan masjid yang tampil beda dalam semua lini terutama dalam pelayanan kepada masyarakat, ketentraman para jamaah, kebersihan dilingkungan masjid. Kemudian juga akan kita laksanakan secara bertahap berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berwenang dalam peningkatkan kesejahteraan para karyawan dilingkungan Masjid Raya Baiturrahman. Peningkatan kesejahteraan keluarga besar Masjid Raya Baiturrahman itu adalah tanggung jawab kami. Kami akan berupaya terus dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga besar Masjid Raya Baiturrahman. Dengan perkembangan pembangunan masjid raya baiturrahman saat ini yang terus memancarkan keindahan, namun kita juga meminta kepada masyarakat Aceh untuk terus memberikan kemakmuran masjid.

Kita mengharapkan, masjid juga harus menjadi tempat serbaguna rakyat Aceh, bukan hanya tempat beribadah saja, melainkan menjadi tempat pendidikan dan kemajuan ekonomi masyarakat itu sendiri.

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!