Syariat Islam Jangan Cuma Di Cassing

GEMA JUMAT, 30 MARET 2018

Muhammad S.Th.I MA  (Mahasiswa Program Doktor S3 Program Studi Religious Studies UIN Sunan Gunung Djati Bandung) 

Prostitusi merupakan penyakit masyarakat yang harus mendapatkan perhatian serius oleh pemerintah, Dimana prostitusi ini dilatar belakangi oleh karena gaya hidup (Life Style) dan juga memang oleh latar belakang ekonomi yang memang menuntut orang dengan sadar ataupun disadari untuk melakukan tidakan seperti itu. Selama ini kita tahu bahwa prostistusi muncul oleh karena kondisi ekonomi yang memang memaksa untuk melakukan hal tersebut. Di tengah upaya berbagai daerah untuk menutup lokalisasi dan memberantas prostitusi, belakangan ini justru terungkap di Aceh praktik prostitusi terselubung yang makin canggih. Meski praktik prostitusi di lokalisasi telah berkurang drastis, di masyarakat justru muncul prostitusi dalam berbagai bentuk, termasuk prostitusi online yang melibatkan perempuan di bawah umur, dan mahasiswa. Simak wawancara singkat wartawan Tabloid Gema Baiturrahman Indra Kariadi dengan Dosen UIN Ar-raniry Banda Aceh dan juga Mahasiswa Program Doktor S3 Program Studi Religious Studies UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Muhammad S.Th.I MA

Bagaimana Anda melihat prostitusi online yang terjadi di Aceh?

Sebuah kejahatan yang sangat keji ditinjau dari agama manapun dan sebagai sebuah kegagalan, baik kegagalan orang tua dalam mendidik anak, kegagalan negara dalam menerap ajaran agama kepada generasi muda. Padahal qanun syariat islam sudah ada.

Apa penyebab bisa terjadi prostitusi online di negeri syariat islam ini?

Itu terjadi karena manusia hatinya sudah kotor dan manusia itu lebih memilih yang kotor. Padahal Allah menginginkan yang terbaik untuk hamba-Nya. Di Aceh ini bisa terjadi karena syariat islam di Aceh cuma casingnya saja. Kalau isinya setengah hati dan pemerintah masih sangat lemah dalam hal penegakan hukum. Hukumnya masih pilih kasih atau hukum tajam kebawah tumpul keatas.

Apa hukuman yang pantas diberikan?

Hukuman yang pantas menurut hemat saya supaya ada efek jera dan menjadi contoh bagi orang lain. Di hukum jangan hanya si pelaku tapi juga mereka yang selama ini berperan atau mucikari atau siapapun yang punya andil, sehingga portitusi itu terjadi. Di harapkan kepada pihak kepolisian dan pihak terkait lainya, supaya mempublikasikan pengguna jasa PSK online kepublik, supaya ada keadilan.  Karena bila di Aceh tidak ada orang yang mau pakai jasa PSK,  mungkin tidak akan ada porstitusi yang tumbuh subur di Aceh, tidak mungkin bisa bertepuk sebelah tangan. Hukum dan tangkap juga pelangannya yang suka pakai jasa lendir di bumi Aceh.

Bagaimana cara menjaga penerus bangsa Aceh?

Kuatkan iman dan taqwa, mulai dari usia dini, orang tua harus menjadi contoh teladan bagi anak-anaknya, bagaimana dalam bersikap, bergaul, berprilaku, dan tanamkan nilai-nilai keislaman dalam jiwa anak. Pendidikan anak adalah kewajiban orang tuanya, selama ini kita beranggapan pendidikan seks bagi usia remaja suatu hal yang tabu, padahal itu penting bagi pengetahuan dan bimbingan dan arahan orang tua serta guru. Dengan pendekatan dari hati dan keteladanan bagaimana kita menyuruh anak kita berakhlak mulia, sementara kita orang tua tidak berakhlak yang terpuji.

Tugas pemerintah Aceh?

Berlakukan hukum itu sama untuk semua orang, jangan tebang pilih, kalau ada pejabat yang tidak baik moralnya beri hukuman yang seberatnya. Selama ini hukum itu bisa ditaklukkan oleh uang dan kekuasaan, makanya  hukum harus betul-betul ditegakkna tanpa memandang siapapun dia, apapun jabatanya. Libatkan ulama dalam penegakan dan penerapan syariat islam serta semua SKPA atau dinas yang ada harus bersinergi dan berkomitmen untuk menjalankan syariat Islam. Keluarga para pejabat juga harus komit dan istiqamah dalam menjalankan syariat. Intinya pejabat harus menjadi contoh teladan bagi masyarakatnya, kalau ada pejabat yang pakai jasa PSK, maka harus dipecat, jangan mau kompromi dan diumumkan kepublik serta laksanakan sesuai dengan qanun yang sudah berlaku.

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!