“Ada Bantuan Program dari Dinas Syariat”

Keuchik gampong Beurawe Ir. Muzakir Razali
Apa perbedaan yang sudah terlihat di gampong Beurawe sesudah ditetapkan sebagai gampoeng syari’at oleh Pemko Banda Aceh ?
Banyak perbedaannya, misalnya masjid kita jamaahnya mulai terlihat peningkatan, kemudian pengajian aktif di balai-balai pengajian, begitu juga dengan pengajian dirumah dan kegiatan islami lainnya juga banyak. Dan jamaah masjid juga ada program kunjung warga sakit setiap malam Rabu nya, ini program baru kita dalam rangka jalin memperkuat silaturrahmi masyarakat disini. Selain itu setiap bulan puasa Ramadhan di Masjid kita dari dulu aktif menyelenggarakan i’tikaf
Apa harapan masyarakat setelah pemko menetapkan Beurawe sebagai gampong syari’at?
Harapan kita agar kedepannya lebih baik. Karena kalau syari’at ini sebelum ditetapkan sebagai gampong syari’at kita juga sudah syari’at, tapi kita harap lebih baik lagi. Tapi kita berharap agar ada bantuan program dari dinas syariat Islam itu sendiri, karena kalau kami jalankan sendiri ya begini-begini aja, tapi kalau ada program dari dinas maka kami siap untuk jalankan.
Bagaimana perhatian dari pemerintah kepada gampoeng syari’at selama ini?
Kalau perhatian khusus nggak ada sih, paling yang ada seperti adaya muhtasib gampoeng, brigade masjid dan Pertukaran infomasi dengan gampong syariat lainnya yaitu Lambaro Skep.
Kemudian apa hasil pertemuan gampong syariat dengan dinas syariat Islam yang dimediasi komisi D DPRK Banda Aceh Jum’at pekan lalu?
Pada pertemuan itu kami meminta agar adanya SK gampong syariat, ada aturan hukum ataupun regulasi untuk memperkuat gampoeng syariat, karena hingga hari ini belum ada aturan apa saja yang menjadi kewajiban-kewajiban gampong syariat ataupun larangn-larangannya. Tapi katanya DPRK khususnya komisi D akan mengupayakan kepada Pemko agar ini terealisasi
Namun kalau untuk reusam gampong kami sudah buat, tapi kita belum tau apakah ini sudah sesuai syariat, karena seharusnya sebagaimana harapan tuha peut gampong juga reusam harus syariat.
Makanya kami berharap dari dinas syariat atau pemko ada aturan hukumnya sebagai payung hukum gampong syariat. Abi Qanita