Sekda Buka Forum Gabungan SKPD Banda Aceh

Banda Aceh (Gema) – Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh Ir Bahagia Dipl SE membuka secara resmi Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, Rabu (4/3).
Mengawali sambutannya mewakili Wali Kota Banda Aceh, Sekda menyampaikan kegiatan ini sangat penting dan strategis. “Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk mensinergikan pemahaman antar SKPD dalam rangka melahirkan program-program yang tepat untuk kemajuan kota ini,” kata Sekda pada acara yang digelar di Aula Bappeda Kota Banda Aceh tersebut.
Di dalam Forum SKPD ini, kata Sekda, akan dibahas rancangan Renja SKPD dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang di kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja SKPD yang difasilitasi oleh SKPD terkait.
Sekda memaparkan, setidaknya ada empat tujuan dari Forum SKPD ini . Pertama, sebagai upaya untuk menyelaraskan program dan kegiatan SKPD kabupaten/kota dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD kota di kecamatan. “Kedua, mempertajam indikator serta target program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD.”
“Ketiga, menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dengan SKPD lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah dan keempat untuk menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing SKPD,” kata Sekda.
Sekda Bahagia menambahkan, koordinasi dengan semua pihak sangat penting dalam upaya mewujudkan visi misi Kota Banda Aceh. “Kami berharap kepada para peserta untuk berpartisipasi aktif, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.
Setelah acara pembukaan, forum dilanjutkan dengan pembahasan per kelompok kerja (Pokja). Ada tiga Pokja yang dibentuk, yakni Pokja I Bidang Pembangunan Ekonomi dan Ketenagakerjaan, Pokja II Bidang Sarana dan Prasarana, dan Pokja III Bidang Pembangunan Keistimewaan dan SDM.
Turut hadir pada acara pembukaan tersebut, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadhillah SIKom, para Asisten, Staf Ahli, seluruh Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, Perwakilan LSM, PMI, Gapensi, WDC, Badan Kemakmuran Masjid serta para undangan lainnya. rel