UIN Ar-Raniry Adakan Kerjasama dengan Yayasan Turki

Gema-Banda Aceh Dalam rangka pengembangan Kampus, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali melakukan kerjasama dengan Yayasan Fatih Indonesia (YFI), penandatanganan naskah kerjasama dilakukan oleh Rektor UIN Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dengan Perwakilan YFI Banda Aceh Harun Caglar, kegiatan tersebut berlangsung pada Senin, 11 Mei 2015 di Ruang Sidang Rektor kampus setempat.
Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. H. Syamsul Rijal Sys, M.Ag usai menjadi saksi penandatanganan naskah kerjasama mengatakan, penandatanganan naskah kerjasama antara UIN Ar-Raniry dengan YFI Banda Aceh dilaksanakan atas berbagai pertimbangan dalam mengembangkan aspek pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.
“UIN Ar-Raniry dan YFI Banda Aceh telah sepakat mempertimbangkan persamaan kepentingan dan mengembangkan aspek pendidikan dan kebudayaan, diantaranya dalam ruang lingkup pertukaran infoermasi baik dengan mengadakan seminar, lokakarya, konferensi, bazaar atau kegiatan ilmiah lainnya seperti penelitian dan penerbitan,” ujarnya.
Ditambahkan, ke depan banyak hal lain yang dapat dilakukan, pertukaran mahasiswa Indonesia dan Turki atau hal yang merupakan kontribusi kedua belah pihak dalam pengembangan pendidikan dan kebuadayaan.
Syamsul menyebutkan, beberapah yang yang disebutkan dalam naskah kerjasama tentang kontribusi UIN Ar-Raniry, diantaranya menyediakan kesempatan kepada siswa lulusan asing yang direkomendasikan YFI untuk kuliah di UIN melalui jalur dan waktu yang tersedia, memberikan kursus bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing yang direkomendasikan YFI, bekerjasama menyelengarakan internasional science project Olympiad (ISPO), mengadakan penelitian bersama tentang kebudayaan, sejarah dan bahasa kedua Negara, menyediakan tenaga dosen bimbingan penelitian bagi guru dan siswa serta beberapa hal lain.
Sementara kontribusi YFI kepada UIN disebutkan antara lain, YFI akan menyediakan sekolah dibawah YFI sebagai sarana praktik atau PPL mahasiswa UIN Ar-Raniry, membantu mendatangkan dosen bahasa turki jika diperlukan, penelitian dan penebitan bersama, menjembatani hubungan dengan universitas luar negeri.
“Selama dalam masa ikatan kerjasama ini, UIN Ar-Raniry dan YFI Banda Aceh akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengembangakan pendidikan dan kebudayaan, dengan harapan mutu pendidikan Islam di UIN, Aceh dan Indonesia secara keseluruhan dapat terus dikembangkan,” paparnya