Perkampungan Kerja: Karya Nyata Pemuda Remaja Masjid untuk Umat

Oleh : Hafwan Bendadeh, SHi., M.SH Sekretaris Umum DPW BKPRMI Aceh
Pemuda remaja masjid merupakan generasi yang sangat potensial dalam pergerakan umat Islam. Aset umat ini sering pula disebut sebagai generasi harapan: harapan dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara. Dalam konteks kemasjidan, generasi muda juga menjadi tulang punggung dan harapan besar bagi pemakmuran masjid pada masa kini dan mendatang. Oleh karena itu, generasi muda ini harus mendapat pembinaan yang intensif dan berkelanjutan, agar mampu berperan aktif dalam pengembangan dan perjuangan umat. Pembinaan pemuda remaja masjid semakin dirasakan strategis bila dihubungkan dengan arah pembangunan Provinsi Aceh yang menerapkan nilai-nilai syariat Islam.
Pemuda remaja masjid adalah bagian potensi generasi muda yang senantiasa mengembangkan dirinya untuk berperan lebih optimal melalui kontribusi pemikiran dan karya-karya nyata, baik di bidang pembinaan mental, fisik maupun peningkatan kualitas dan prestasi.
Untuk mencapai itu, Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Indonesia (DPW BKPRMI) Aceh terus meningkatkan berbagai program dakwah bil haldengan segala lingkupnya, seperti pendidikan al-Quran, pelatihan keterampilan, pembinaan entrepreneur muda berbasis masjid, penguatan institusi syariat Islam, serta tamaddun Islam yang diwujudkan dalam pola pengembangan masyarakat yang mengacu pada nilai dan ajaran Islam.
Salah satu program pembinaan dan pengembangan potensi pemuda remaja masjid ialah dengan menyelenggarakan Perkampungan Kerja Remaja Masjid dan Santri se-Aceh. Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan BKPRMI Aceh yang telah dilaksanakan 9 kali dibeberapa kabupaten/kota. Pengalaman ini terus dikembangkan ke daerahdaerah lainnya, karena manfaatnya yang besar, maka seluruh jajaran pemuda remaja masjid disetiap kabupaten/kota di Provinsi Aceh, memandang bahwa perkampungan kerja tersebut perlu dijadikan salah satu program unggulan.
Perkampungan kerja adalah tempat pengabdian pemuda remaja masjid dan santri untuk mencurahkan karya dan bakti atau mengabdikan diri di suatu perkampungan (gampong) sebagai wujud kepedulian pemuda remaja masjid terhadap masyarakat.
Tujuan umum kegiatan ini adalah untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia dan pengembangan kemandirian pemuda remaja masjid berbasis gampong. Sedangkan tujuan khusus adalah merajut dan memupuk tali silaturrahim dan ukhuwah islamiyah sesama pemuda remaja masjid se-Aceh, meningkatkan kualitas, kreatifitas dan kemandirian pemuda remaja masjid sebagai modal pengembangan syari’at Islam. Mengubah dan menumbuhkembangkan kepekaan dan kepedulian sosial sebagai upaya nyata dalam peran serta mewujudkan kesejahteraan umat. Mengfungsikan masjid sebagai sentral pembinaan umat dalam berbagai aspek kehidupan, menjadikan lingkungan masjid sebagai wadah aktivitas, inovasi dan perjuangan umat. Menghayati secara langsung kehidupan masyarakat gampong untuk menumbuhkan sikap dan tanggung jawab pemuda remaja terhadap peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan dan keadilan.
Akhirnya kita berharap pelaksanaan perkampungan kali ini dapat mewujudkan model kehidupan yang sesuai dengan syariat Islam (masyarakat marhamah), dapat meningkatkan kualitias sumber daya insani dan kemandirian pemuda remaja masjid. Selain itu, terciptanya peluang pengembangan usaha pemberdayaan entrepreneur muda khususnya ekonomi berbasis masjid.