Syariahkan Koperasi

GEMA JUMAT, 13 SEPTEMBER 2019

Dekan Fakultas Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, menyatakan terdapat 700 koperasi di Aceh yang sebelumnya konvensional telah mengajukan konversi ke syariah.

“Dari 1.000 koperasi di Aceh, ada 700 diantaranya telah mengajukan konversi ke syariah. Namun yang memenuhi syarat secara administrasi hanya 400 koperasi untuk dikonversikan ke syariah,” kata Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Syariah UIN  Ar-Raniry Dr Muhammad Yasir Yusuf, MA, seperti dikutip Republikasi.co.id. 

Menurut dia, ke-400 koperasi tersebut tidak bisa dikeluarkan izin konversi ke syariah, karena keterbatasan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Dia mengakui, ketersedian DPS masih sangat terbatas di Aceh merupakan penyebab utama belum keluarnya izin konversi koperasi ke syariah. Tidak bisa dikeluarkan izin koperasi syariah dikarenakan tidak adanya DPS. Padahal, DPS salah satu syarat koperasi dikonversikan ke syariah dari konvensional.

“Fakultas Ekonomi Bisnis bersama Majelis Permusyawatan Ulama (MPU) Aceh beriniasi dan duduk bersama membicarakan problem ini dan kita berharap Aceh dikhususkan,” ujarnya.

Menurut Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) tahun 2020 seluruh Lembaga Keuangan Syariah di Aceh haruslah “hijrah” dari konvensional ke syariah, termasuk koperasi. LKS lainnya adalah perbankan, asuransi, pasar modal, lembaga pembiayaan (leasing).

Data Dinas Koperasi dan UKM Aceh (2018) menyebutkan jumlah koperasi aktif di Aceh 4.278 unit, Unit Simpan Pinjam 1.954, Koperasi Simpan Pinjam 82, USP Syariah 71 unit dan KSPP Syariah 16 unit. Dari data ini menggambarkan masih sedikit koperasi yang telah menggunakan sistem syariah.

Untuk itu, kita menyambut baik rencana 700 koperasi berubah menjadi syariah dan perlu prioritas kebijakan mensyariahkan koperasi lainnya di Aceh, terutama koperasi simpan pinjam. Sementara kendala minimnya DPS, ha itu pula yang memerlukan fasilitasi dari Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota.

Kita juga dorong pengurus koperasi, anggota dan masyarakat untuk mendukung transformasi koperasi di Aceh dari konvensional menjadi syariah. Sehingga, secara bertahap kita dapat terapkan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam masyarakat Aceh. –Sayed Muhammad Husen

Shaf—

Sekda Aceh Taqwallah: saatnya kita perbaiki citra PNS

Perbaiki dengan pengajian rutin PNS

Koperasi Syariat di Aceh 16 unit

Tak sebanding ribuan koperasi konvensional yang ada

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!