Dosa dan Bencana

GEMA JUMAT, 7 FEBRUARI 2020

Mereka mengetahui nikmat-nikmat Allah, (tetapi) kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir,(QS. An Nahl: 83)

Tahukah kita apa penyebab Allah menimpakan bencana pada suatu kaum atau negeri? Ketahuilah bahwa bencana terjadi disebabkan ulah tangan manusia sendiri, terutama disebabkan banyaknya dosa yang kita lakukan. Kita tidak boleh berprasangka buruk bahwa Allah menzalimi hambaNya dengan bencana kekeringan, banjir, longsor, kelaparan atau bahkan mewabahnya virus mematikan yang ditimpakan pada suatu kaum.

Banyak di antara kita belum menyadari bahwa terdapat korelasi antara dosa yang dilakukan manusia dengan datangnya bencana. Allah dan RasulNya telah menjelaskan hal ini dalam banyak ayat dan hadits. Ketika terjadi bencana, ada tiga analisa yang sering dikemukakan untuk mencari penyebab. Pertama, azab dari Allah karena banyak dosa yang dilakukan manusia. Kedua, sebagai ujian dari Allah, dan  ketiga, sunnatullah dalam arti fenomena  alam atau hukum alam yang biasa terjadi.

Dalam hal penyebab pertama yakni karena dosa manusia  maka salah satunya karena manusia mengingkari nikmat Allah. Jika bencana dikaitkan dengan dosa-dosa manusia bisa saja benar, sebab kemaksiatan sudah menjadi kebanggaan anak bangsa mulai tingkat pemimpin hingga rakyat jelata. Banyak orang meninggalkan shalat, tidak bersyukur, zina merajalela, riba menjadi praktek sehari-hari, manusia mengkonsumsi yang haram, perintah atau ajaran agama banyak yang tidak diindahkan, orang-orang miskin diterlantarkan dan berbagai kemaksiatan lainnya. Allah berfirman yang artinya :

 “Jika Kami menghendaki menghancurkan suatu negeri, Kami perintahkan orang-orang yang hidup mewah (berkedudukan) untuk taat kepada Allah tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri tersebut, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya,” (QS. Al Isra’ : 16).

Sebaliknya apabila penduduk negeri itu taat kepada Allah, maka Allah akan menjauhkan bencana dan memberikan keberkahan dari langit dan bumi, sebagaimana firmanNya :

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya,(QS. Al A’raaf : 96)

MARI SUBUH BERJAMAAH

SUBUH KELILING DKMA

Hari/ tanggal                : Sabtu, 8 Pebruari 2020

Tempat                        : Masjid Syech Abdurrauf Gp. Blang Oi

Imam                           : Tgk. Bukhari M. Ali

Penceramah               : Dr. Irwan Saputra, S.Kep, MKM