Menyiapkan Hari Esok

GEMA JUMAT, 13 SEPTEMBER 2019

Oleh: Ameer Hamzah

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.  (QS. Al Hasyr: 18)

Kita baru saja memasuki tahun baru 1441 Hijriyah. Setiap pergantian waktu merupakan momentum bagi kita untuk bermuhasabah atau mengevaluasi diri. Meskipun muhasabah tidak dilakukan hanya setiap awal tahun, namun momentum seperti pergantian tahun ini menjadi sarana yang memudahkan kita untuk mengevaluasi dengan membandingkan periode waktu tertentu dengan periode sebelumnya. Dengan demikian maka kita bersemangat menuju perubahan dalam arti positif. Perubahan menuju insan takwa dan bersyukur. Bila padatahun sebelumnya masih lalai dalam melaksaakan ibadah, maka memasuki tahun ini membangkitkan spirit menuju yang lebih baik.

Hari esok (ghadd) yang dimaksudkan dalam ayat di atas menurut para mufassir artinya adalah akhirat. Bukan hari esok yang hanya jangka pendek, namun  hari esok jangka panjang di akhirat kelak atau masa depan kita di akhirat nanti.  Jika perusahaan membuat laporan tahunan untuk mengevaluasi perkembangan dan laba rugi sehingga perusahaan tersebut tetap eksis, maka kita yang mengejar akhirat tentu saja lebih berhak untuk melakukan muhasabah. Agar tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dan tahun depan lebih baik dari tahun ini.

Selain muhasabah, kita juga perlu mengamalkan muraqabah, karena inilah yang menjadi alat kontrol kita. Ketika seseorang akan melakukan kemaksiatan atau dosa, melanggar muahadah, menyia-nyiakan muhasabah, menjauh dari muqarabah, maka muraqabah – merasa diawasi Allah- lalu menghentikannya. Semoga kita menjadi manusia yang selalu diberi petunjuk ke arah yang lebih baik.

MARI SUBUH BERJAMAAH

SUBUH KELILING DKMA

Hari/ tanggal                : Sabtu, 14 September 2019

Tempat                        : Masjid Al Muqarramah Punge Jurong

Imam                           : Ust. Bukhari Ali, S.Ag

Penceramah               : Ust. Bukhari Ali, S.Ag

SAFARI SUBUH BBC

Hari/ tanggal                : Ahad, 15 September 2019

Tempat                        : Masjid Haji Keuchik Leumiek Lamsepeung

Imam                           : Ust. Jvan Aulia, Lc, MA

Penceramah               : Ust. H. Fakhruddin Lahmuddin, Lc, M.Pd

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!