27 Maret 2020

Menghadapi Musibah

H. Basri A. Bakar

Katakanlah (Muhammad),”Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah lah orang-orang yang beriman itu bertakwa.” (QS. At Taubah : 51)
Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia kerap dilanda berbagai bencana dan musibah, seperti gempa bumi, banjir, kekeringan, gunung meletusdan lain-lain. Saat ini bahkan dunia sedang dihebohkan oleh wabah yang bernama virus Corona atau Covid-19. Akibatnya manusia dilanda kecemasan yang luar biasa, karena wabah ini sangat ganas dan ribuan orang di beberapa negara telah meninggal dalam waktu sebulan terakhir.

Allah berfirman yang artinya : “Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. Al Hadid : 22 – 23)

Ketahuilah bahwa apa yang ditetapkan Allah SWT terhadap hamba-hamba-Nya tidak terlepas dari dua hal yaitu musibah yang disebabkan kesombongan dan kemaksiatan seorang hamba dan ujian Allah untuk mengangkat derajatnya dan menghapuskan kesalahan-kesalahannya. Allah berfirman yang artinya : “Dan musibah apapun yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura : 30)

Oleh karena itu terhadap musibah yang sedang berlangsung, selain dilihat secara ilmu kesehatan juga dari perspektif agama. Dengan demikian kita tidak terlalu cemas dan takut berlebihan. Yang penting sebagai ummat beriman kita tetap waspada dan menjaga jangan sampai penyebaran virus meluas. Selain itu senjata yang paling ampuh adalah dengan memperbanyak doa dan zikir kepada Allah semoga kita tetap dalam lindunganNya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *