31 Januari 2020

Virus Corona

H. Basri A. Bakar

GEMA JUMAT, 31 JANUARI 2020

Dr. Ir. H. Basri A Bakar, M. Si

Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf r.a, Rasulullah bersabda, “Bila kalian mendengar wabah sedang mendera suatu daerah, maka janganlah kalian memasukinya, dan jika menyerang wilayah kalian, maka janganlah engkau melarikan diri.” (HR. Bukhari)

Bencana baru yang sedang viral dan heboh seantero dunia saat ini adalah virus  yang disebut Corona. Virus ini sangat ditakuti, sebab, selain dapat menyebar dengan sangat cepat, virus itu juga telah menyebabkan kematian penduduk di beberapa negara, terutama di Wuhan China. Dalam hitungan bulan, bahkan  virus ini telah menyebar tidak hanya ke Hongkong dan Makau, tapi juga ke beberapa negara lain termasuk Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat (AS), Singapura hingga Thailand. Dikhawatirkan, virus menakutkan ini juga bakal sampai ke Indonesia melalui mobilitas manusia.

Dalam perspektif agama, sebenarnya apa yang terjadi saat ini merupakan teguran  Allah kepada manusia yang sudah melampaui batas bahkan tidak mengakui kekuasaan Allah seperti Komunis. Sungguh hanya Islam satu-satunya agama yang sesuai fitrah manusia, yang jika petunjuknya diamalkan dan hukumnya dijalankan pasti akan membawa keberkahan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Bencana semacam ini pernah pula terjadi pada masa-masa sebelumnya seperti virus flu burung, Server Acute Resporatory Syndrome (SARS), Ebola, Marburg, Hantavirus dan lain-lain. Khusus terhadap penyebaran virus Corona, diyakini disebarkan oleh sup kelelawar, salah satu makanan populer di Wuhan. Ternyata di daerah tersebut menyediakan berbagai jenis makanan unik dan menjijikkan seperti anak serigala, rubah hidup, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, musang dan kelelawar.

Terkait makanan,  dalam Alquran, ditemukan aturan memilih makanan yang halal. Contohnya seperti larangan memakan bangkai, darah dan daging babi. Bahkan dalam sunnah Rasul juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi beberapa hewan seperti keledai jinak, hewan bertaring, tikus, kalajengking, burung gagak, burung elang/ rajawali, anjing, ular, cecak/ tokek, semut dan katak.

Allah berfirman yang artinya : “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepada kalian, dan bertakwalah kepada Allah yang kalian beriman kepada-Nya.” (QS. Al Maidah ; 88)

MARI SUBUH BERJAMAAH

SUBUH KELILING DKMA

Hari/ tanggal                : Sabtu, 1 Pebruari 2020

Tempat                        : Masjid Al Abrar Lamdingin

Imam                           : Afdhalul Rizki Al Hafizd

Penceramah               : Dr. H. Nurkhalis Mukhtar, MA