Israk Mikraj dan Tahun Duka Cita

GEMA JUMAT, 13 MARET 2020

Khutbah Oleh Abiya Muhammad Hatta, Lc, M.Ed

Bulan Rajab adalah bulan penuh dengan keistimewaan dan keagungan, dimana banyak kejadian yang terjadi didalam bulan ini, termasuk yang paling penting adalah peristiwa Israk dan Mikraj Nabi Muhammad SAW.
Pada tahun ke 10 Hijriah, Rasulullah SAW diberikan sebuah ujian besar dalam hidupnya dengan wafat isteri yang sangat beliau cintai yaitu Siti Khadijah, dimana saat itu umur baginda Rasulullah saw adalah sekitar 50 tahun sementara umur Siti Khadijah adalah 65 Tahun. Khadijah adalah merupakan seorang isteri serta seorang yang sangat berperan dalam dakwah Rasulullah saw, wafatnya siti Khadijah ini terjadi setelah wafatnya paman Rasulullah saw yang sangat mendukung perjuangan beliau yaitu Abu Thalib, sekalipun beliau tidak diberikan nikmat Iman oleh Allah swt, namun jasa-jasa beliau terhadap perjuangan Rasulullah saw adalah sangat besar.
Maka pada tahun ini, disaat Allah swt mengambil kedua-dua orang yang sangat dekat dengan Rasulullah saw, menjadi tahun sangat gundah atau Amul Hazan bagi Rasulullah saw. Dan yang menyebabkan rasa sedih yang lebih besar adalah ketika pamannya Abu Thalib meninggal dalam keadaan kufur tidak beriman kepada Allah swt :
Artinya :
Sesungguhnya engkau tidak bisa memberikan hidayah kepada orang yang engkau cintai, tetapi Allah swt yang akan memberikan hidayah kepada siapa yang Dia kehendaki ( QS. Al-Qashash 56)
Maka dari kejadian ini, dapat dipetik beberapa hikmah menjadi pengajaran bagi kita sebagai mukmin:
Pertama, sesungguhnya penjagaan dan pertolongan adalah dari Allah swt, seandainya Abu Thalib hidup hingga keberhasilan Nabi Muhammad saw mendirikan kota Madinah, maka barangkali orang akan beranggapan bahwa keberhasilan Rasulullah saw karena dukungan Abu Thalib, namun ternyata tanpa beliaupun Rasulullah saw tetap sukses dan berhasil dalam dakwahnya karena semuanya dijaga dan dipelihara oleh Allah swt.
Kedua, banyak orang beranggapan bahwa kesedihan Nabi adalah karena wafatnya Khadijah dan Abu Thalib, tetapi sebenarnya lebih kepada tidak berimannya Abu Thalib, serta tekanan dan intimidasi kafir Quraisy ketika itu semakin buruk dan semakin berani
Ketiga, hikmah bahwa perjuangan Rasulullah Saw senantiasa dilakukan sekalipun beliau dalam keadaan gundah dan tantangan yang berat.
Termasuk salah satu riwayat menyebutkan, sebagai asbab nabi diperintahkan utk melakukan Israk dan Mikraj, adalah sebagai bentuk penghargaan Allah swt bagi Rasulullah saw pada tahun tersebut untuk menyabarkan Rasulullah yang sedang bersedih, dimana dengan kejadian Israk Mikraj, yaitu Rasulullah saw diperjalankan dari masjidil haram ke masjidil aqsa dan seterusnya ke sidratul muntaha. Tentunya ini suatu kejadian yang luar biasa yang belum pernah terjadi bagi makhluk lain didunia ini.
Sebagaimana disebutkan di dalam surat Al-Isra`
Artinya :
Mahasuci Allah yang memperjalankan hamba-Nya di waktu malam dari masjidil haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahkan disekelilingnya, untuk kami perlihatkan ayat-ayat kami. Sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha melihat.(QS. Al-Isra` 1)
Rasulullah merasa sangat berbahagia dengan kejadian ini, karena beliau bertemu langsung dengan Allah swt melalui hijab yang dibukan kepada beliau, dan oleh-oleh yang dibawa pulang oleh Rasulullah saw adalah berupa Shalat lima waktu.
Maka sebagai mukmin yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, marilah kita menjaga shalat ini sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Rasulullah saw karena ini adalah syariat yang Allah perintahkan disaat amul hazan dimana saat Rasulullah saw dalam keadaan duka yang sangat mendalam ternyata obatnya ada didalam shalat, sesuai dengan firman Allah swt :
Artinya :
Wahai orang yang beriman, mintalah pertolongan Allah swt dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.( QS. Al Baqarah 153)

Khatib Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Aceh dan Pimpinan Dayah Madani Al-Aziziyah Lampeuneureut Ujong Blang, Darul Imarah, Aceh Besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *