6 April 2020

Orang Paling Merugi

H. Basri A. Bakar

 

GEMA JUMAT, 24 JANUARI 2020

Dr. Ir. H. Basri A Bakar, M. Si

Katakanlah: “Maukah Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi amalnya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.(QS. Al-Kahfi: 103-104)

Orang yang paling merugi amalnya, yaitu mereka yang melakukan kesesatan di muka bumi namun mereka mengira apa yang dilakukan itu sebagai sebuah kebaikan. Dalam ayat tersebut, Allah menyebutkan “wahum yahsabun” (mereka mengira), yang  bermakna bahwa mereka sesungguhnya memahami agama namun mereka beramal hanya berdasarkan pada perkiraan atau mengandalkan logika saja. Orang-orang semacam ini sangat merugi, karena amal perbuatannya tidak berdasarkan kepada dalil yang berasal dari Allah dan RasulNya, atau penjelasan para ulama yang didasarkan kepada dalil yang kuat dari Allah dan RasulNya.

Abu Bakar Ibnul ‘Arabi dalam kitab Al-Itqan Fi ‘Ulumil Qur’an menyebutkan bahwa ada tiga kelompok manusia berdasarkan ayat tersebut.  Pertama, orang-orang yang kafir kepada Allah, mereka tidak beriman kepada Allah, bahkan mempersekutukan Allah. Mereka menjadikan pendeta dan ulama mereka seakan-akan sebanding dengan Allah dalam menghalalkan apa yang Allah haramkan dan mengharamkan apa yang Allah halalkan. “…Pendeta-pendeta dan ulama-ulama mereka sebagai tandingan selain Allah...” (QS. At-Taubah: 31)

Kedua, kelompok yang berbuat bid’ah seperti kaum Khawarij, Murji’ah, orang-orang Mu’tazilah, Jahmiyah dan lain-lain. Mereka menjadikan dalil hanya sebagai perisai, namun sesungguhnya mereka memperturutkan hawa nafsu. Mereka menafsirkan Al-Qur’an atau Hadits sesuai dengan  pendapat dan sesukanya tanpa merujuk kepada pemahaman para sahabat Rasulullah SAW.  Ketiga, adalah orang-orang yang beramal shalih namun dengan riya’. Dia ingin dipuji manusia, sehingga amalannya hilang dihapuskan oleh Allah. Demikian pula orang-orang yang ujub  yakni merasa bangga dengan amalannya yang banyak. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi kelak di hari akhirat.

MARI SUBUH BERJAMAAH

SUBUH KELILING DKMA

Hari/ tanggal                : Sabtu, 25 Januari 2020

Tempat                        : Masjid Al Hasyimiyah Darussalam

Imam                           : Ust. Bukhari Ali, S.Ag

Penceramah               : Dr. H. Munawar A. Jalil, MA

SAFARI SUBUH BBC

Hari/ tanggal                : Ahad, 26 Januari 2020

Tempat                        : Masjid Taqwa Lhong Raya

Imam                           : Ust. Imaduddin Sudesh

Penceramah               : Dr. H. Munawar A. Jalil, MA