24 Januari 2020

Ingin Angkat Citra ASN Aceh Semakin Baik

dr. Taqwallah, M.Kes

GEMA JUMAT, 24 JANUARI 2020

Wawancara : dr. Taqwallah, M.Kes, (Sekretaris Daerah Provinsi Aceh)

Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Periode 2017-2022, tentang memperkuat pelaksanaan Syariat Islam sekaligus program unggulan Aceh Meuadab. Hal itu dipertegas dengan surat Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, nomor 451  tanggal 8 Januari 2020. 

Untuk itu, dalam waktu dekat Pemerintah Aceh akan menyelenggarakan pengajian Fiqih, dan kajian agama di Mushalla Perndopo Gubernur Aceh, dan Wakil Gubernur Aceh Tahun anggaran 2020. Pengajian  ini bertujuan untuk menambah wawasan dan tsaqafah keislaman bagi pejabat Aceh dan masyarakat dalam menjalankan kehidupan bersyariat Islam di Aceh. 

Surat tentang Pengajian Fiqih dan Kajian Agama di Lingkungan Pemerintah Aceh,  ditujukan untuk para Asisten, para staf Ahli Gubernur Aceh, para Kepala SKPA, Kepala Biro Setda Aceh, Ketua Majelis Ta’lim Lingkup Provinsi Aceh, Ketua Pengurusw TP – PKK Aceh dan Ketua Pengurus DWP Aceh.

Sebagaimana dijelaskan dalam surat tersebut, pelaksanaan pegajian dijadwalkan empat kali dalam sebulan, yaitu setiap minggu pertama dan ketiga dilaksanakan  di Pendopo Gubernur Aceh, yakni setiap selasa pukul 14. WIB  sampai dengan selesai. Sedangkan minggu Kedua dan keempat bertempat di Perndopo Wakil Gubernur Aceh, Rabu pukul 14. WIB.

Selain para Pejabat eselon, Sekda juga menghimbau keikutsertaan para istri pejabat, pengurus TP PKK  dan Pengurus DW masing-masing Instansi, agar berpartisipasi dalam pengajian dimaksud. Untuk lebih jelas berikut hasil petikan wawancara Gema Baiturrahman dengan dr. Taqwallah, M.Kes, Sekretaris Daerah Provinsi Aceh.

Apa yang paling anda harapkan dari ASN di lingkungan Pemerintah Aceh saat ini ?

Sama seperti harapan Plt. Gubernur Aceh, juga rakyat Aceh, Kita semua ingin citrta ASN di lingkungan Pemerintah Aceh semakin baik.

Surat Sekda  Aceh No. 451/299 tanggal 8 Januari 2020, tentang  Pengajian Fiqh dan kajian Agama di lingkungan Pemerintah Aceh. Apakah termasuk dalam kebijakan Pembinaan ASN dari sisi mental spiritual?

Ya,  karena salah satu tujuan dilaksanakan pengajian Fiqih dan kajian agama tersebut adalah untuk menambah pemahaman keislaman dan memperkuat keimanan kepada Allah dan menanamkan rasa saling peduli kepada sesama sehingga akan terjaga diri dari sifat-sifat tercela yang merugikan orang lain seperti korupsi dan bagi ibu-ibu pejabat struktural diharapkan mampu menahan diri dari meminta kepada suami diluar dari batas kemampuan suami dan mengendalikan diri dari gaya hidup yang berlebihan sehingga terbentuklah pribadi yang berkarakter dan agamais.  

Apa yang anda harapkan (target ) dari pembinaan mental spiritual itu ? Boleh Tahu jenis, cara dan metode pembinaannya?

Harapan Saya adanya  perubahan perbaikan citra ASN  di Aceh.

Metode pembinaan mental spiritual dengan cara : Pertama, penerapan disiplin  pegawai, penerapan program BEREH ( Bersih, Rapi, Estetika dan Hijau) dilingkungan kantor sehingga semua ASN bisa merasakan kenyamanan dalam bekerja dan dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja.

Kedua, program BERSAHAJA Bereh, Sabar, harus bebas temuan dan jaminan tertib administrasi, peduli serta respon cepat. Ketiga, mengingatkan ASN melalui operator sound system untuk shalat berjamaah di Masjis/Mushalla dan menghentikan aktifitas 15 menit menjelang waktu shalat.

Keempat, melengkapi kebutuhan sarana ibadah yang ada dilingkungan kerja.

Terakhir, mengajak ASN dan keluarga untuk ikut berpartisipasi pada setiap ceramah peringatan hari-hari besar Islam.

Menurut anda, ASN yang baik itu yang bagaimana ?

Dalam pandangan saya  ASN itu  harus berkarakter  baik, bersopan santun, disiplin dengan tugas dan tanggung jawabnya, melayani masyarakat dengan sepenuh hati tulus dan ikhlas,  mempunyai visi dan misi  untuk menjadikan Aceh lebih baik.

Apa saja yang sudah anda lakukan ?  Apakah ini bagian menjawab  kritik terhadap ASN Aceh yang berharap Pemerintah Aceh dapat memberi yang lebih baik lagi untuk Masyarakat ?

Program  Penerapan Disiplin  ASN, Program BEREH , BERSAHAJA, program evaluasi  kinerja pejabat struktural, staf dan tenaga kontrak.  Semua program ini diharapkan dapat memperbaiki citra ASN dimata Masyarakat sehingga ASN  Mampu memberikan pelayanan terbaik bagi Masyarakat.